Kajian Fiqih Masjid Raudhatul Jannah

PUASA (30/04/2018)

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Dalam menghadapi bulan suci Ramadhan tahun 1439 H, Kajian Fiqih yang dibawakan oleh Bapak Ustad Dr.H. Abdul Rahim Amin, M.THI kali ini memberikan pembekalan tentang Puasa.

Istilah Puasa adalah Al-Imsak (Menahan) yang berarti menahan dari segala yang bisa membatalkan puasa misalnya Makan atau minum, hubungan suami istri di waktu berpuasa serta hal-hal yang bisa mengurangi kualitas puasa itu sendiri misalnya membicarakan hal-hal yang tidak baik.  Selain memperbanyak membaca Al Quran juga dianjurkan memperbanyak shalat malam. Serta beberapa sunnah yang perlu dilakukan misalnya percepatan buka puasa segera setelah azan maghrib berkumandan dan memperlambat sahur menjelang masuk waktu subuh. Demikian beberapa petikan hikmah tausiah yang disampaikan beliau dalam kajian Fiqih yang berlangsung tanggal 29 April 2018 di Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri.

  

 


Salam
Pengurus

KAJIAN FIQIH ; PENTINGNYA MEMASUKKAN HATI DALAM SHALAT (19/02/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb

 

Pengurus Masjid Raudharul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri kembali menggelar pengajian rutin, kajian Fiqih yang dibawakan oleh narasumber kita,  Bapak Dr. H.Abdul Rahim Amin, M.THI yang kali ini lebih memperdalam tentang pelaksanaan shalat dimana sangat ditekankan untuk "memasukkan hati" dalam setiap melaksanakan ibadah shalat kita sehingga bisa lebih fokus serta khusuk dalam menjalankannya dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat sehingga pada akhirnya shalat itu tidak menjadikan beban tetapi menjadikannya sebagai kebutuhan setiap muslim dan muslimat dalam menjalankannya.

 

 

 


Salam
Pengurus

RUKUN SHALAT (13/11/2017)

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Alhamdulillah setelah sempat tertunda sehari, tadi malam 12/11/2017 kembali digelar kajian Fiqih ba'da Maghrib bersama Ustad kita, Bapak DR.H.Abdul Rahim Amin, M.HI yang kembali melanjutkan materi sebelumnya yaitu, "RUKUN SHALAT ".   Adapun catatan kami dari hasil kajian semalam adalah sebagai berikut :

RESUME :

A. Syarat sah: bagian sahnya shalat diluar pelaksanaan shalat ( Pembahasan bulan lalu )
B. Rukun Shalat adalah bagian dari pelaksanaan shalat :
1. Takbir
Takbiratul Ihram ( Takbir dimulainya shalat dan sifatnya wajib dan Takbiran intikal ( Takbir perpindahan setiap gerakan yang sifatnya sunnah dan tidak dianjurkan lebih dari 3 harakat )
Takbir Qauliah : Takbir yang dilakukan dan hanya kita yang mendengar
Takbir
2. Berdiri
Hukumnya wajib bagi shalat fardhu dan sunnah bagi sholat sunnah
3. Al Qiroah : Wajib membaca surah Al Fatihah dan sunnah membaca surah lain
Anjuran :
- Al Fatihah di baca ayat per ayat.
- di baca sesuai kaidah Tajwid
...................................................

Rukun shalat selanjutnya akan dibahas dalam kajian fiqih bulan depan. . (NA)

    


Salam
Pengurus

KAJIAN FIQIH : MENGINGATKAN KEMBALI TENTANG PENTINGNYA IBADAH SHALAT (08/10/2017)

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pentingnya shalat, kembali pengurus Masjid mengadakan kajian rutin, Fiqih/Syariat pada hari sabtu malam, tanggal 07 Oktober 2017 (bada Maghrib), yang dibawakan oleh Ustad kita, Bapak Dr.H.Abd.Rahim Amin, MHI dengan tema, “Pentingnya Ibadah Shalat dalam kehidupan”, termasuk diantaranya bahasan tentang Rukun dan Syarat sahnya shalat. Shalat yang didasari dengan pengetahuan dengan yang tidak didasari dengan pengetahuan akan berbeda kualitasnya di sisi Allah, SWT. Wallahu A’lam bissawab.

 


Salam
Pengurus

Assalamu Alaikum Wr Wb.

Kegiatan kajian fiqih di masjid Raudhatul Jannah rutin dilakukan setiap bulannya, selain untuk menambah wawasan keagamaan warga muslim Griya Mulya Asri (GMA) dan sekitarnya, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk memepererat tali silaturahim antar warga. Kajian rutin tentang Fiqh ini dibimbing oleh Ustd. Dr. Abd. Rahim Amin, SH. MHI.


Salam
Pengurus

KAJIAN FIQIH - 15 APRIL 2017

Assalamu Alaikum Wr Wb. Kegiatan kajian fiqih di masjid Raudhatul Jannah malam ini membahas tentang hukum puasa, sehubungan dengan menjelang memasuki bulan suci Ramadhan.

      


Salam
Pengurus