Kegiatan Lainnya di Kompleks Griya Mulya Asri Makasar

Laporan Pertangungjawaban Panitia Perluasan Masjid Raudhatul Jannah (22/05/2019)

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Alhamdulillah kita panjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT  atas limpahan Rahmatnya sehingga proyek pengembangan Masjid Raudhatul Jannah dapat selesai tepat waktu.

Berikut Disampaikan Laporan Pertanggungjawaban Panitia Pembangunan atau Perluasan Masjid Raudhatul Jannah dari tanggal 11 April 2019 sampai 03 Mei 2019 (Selesai/Rampung)

Panitia pembangunan atau perluasan Masjid mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan waktu, pikiran, finansial, tenaga dari para dermawan sekalian. Dan meminta maaf atas segala kekurangan,kekhilafan kami selama proyek perluasan ini berlangsung. Semoga mendapat pahala yang berlipatganda dari Allah SWT, Aamin Ilaihi Aamiin,

/assets/kcfinder/upload/files/Laporan%20Pertanggungjawaban%20Pimpro.pdf

Koordinator Lapangan,

Nurjohansyah.


Salam
Pengurus

Kerjasama dengan Yayasan Kalla, Masjid Raudhatul Jannah gelar Pelatihan Sound System Masjid (27/04/2019)

Untuk lebih mendapatkan gambaran tentang teknis sound system khususnya di Masjid, Pengurus Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri GMA) Baddoka Sudiang bekerja sama dengan Yayasan Kalla (Kalla Group) menggelar Pelatihan Sound System Masjid yang dikhususkan untuk para petugas masjid atau pengurus Masjid pada hari ini Sabtu tanggal 27 April 2019. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu para petugas masjid khususnya operator sound system sebagai solusi jika terjadi masalah teknis sound system saat akan melaksanakan ibadah atau kegiatan lain di masjid, demikian disampaikan Bapak Nur Adil Ketua Pengurus Masjid Raudhatul Jannah. Kegiatan ini dilaksanakan dari pagi hingga sore hari yang diikuti oleh puluhan perwakilan Masjid dari beberapa Kabupaten Kota yaitu : Makassar, Maros, Gowa, Takalar, serta Pare-Pare. Acara ini dibuka oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Bendahara DMI Drs.H. Hasnawi Makkatutu yang memberi appresiasi dengan adanya pelatihan ini yang dilanjutkan dengan sambutan dari Yayasan Kalla yang disampaikan oleh Ibu Ria Supratman.

Masalah sound system termasuk masalah penting di masjid karena kadang-kadang jamaah malas datang ke masjid tertentu karena biasa terganggu dengan sound sytemnya sehingga mengganggu pelaksanaan shalat. Terlihat antusiasme petugas masjid terhadap kegiatan positif ini karena dengan aktif bertanya dalam memaksimalkan diskusi interaktif serta praktek langsung dengan alat TOA dan amplifier. Kegiatan ini diakhiri dengan foto Bersama.

     

 


Salam
Pengurus

Kegiatan Sosial.bersama Indomaret. (14/04/2019)

Untuk menanggulangi penyebaran Penyakit Demam Berdarah (DBD), pengurus RT 07 RW08 Kompleks Griya Mulya Asri (GMA), melakukan kerjasama dengan Indomaret melalui program CSR Indomaret dengan menggelar kegiatan Fogging, yang dilanjutkan dengan kegiatan senam pagi serta bazaar.murah. Kegiatan ini dimulai dengan Senam pagi di area Lapangan Kompleks Griya Mulya Asri. Ketua RT 007/RW 008 Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya Makassar,  Dr. Syamsi Alang Mappajalang, MM, mengatakan bahwa salah satu tujuan dari kegiatan ini untuk mengantisipasi berkembangnya demam berdarah di RT07 karena sudah ada beberapa warga yang sempat.terjangkit wabah DBD sehingga dengan kegiatan fogging oleh indomaret diharapkan dapat.mengurangi potensi menyebarnya DDB di Komplels Griya Mulya Asri,  disamping melakukan beberapa kegiatan kemasyarakatan lainnya termasuk kegiatan pasar.murah.  General Manager Indomaret Makassar Bapak Sigit Santoso menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini bisa dijalankan nanti secara kontinue untuk bisa menyambung silaturahmi antar warga perumahan dan warga dengan indomaret agar kehadiran indomaret disekitar kita bisa memberikan manfaat kepada masyarakat tidak hanya menjadi tempat belanja yang nyaman, dan khususnya dengan adanya kegiatan Fogging ini masyarakat bisa terbantu, ujarnya.

Terima kasih banyak kepada Indomaret atas terlaksananya kegiatan ini.

   


Salam
Pengurus

Update Peserta Pelatihan Sound System tanggal 27 April 2019 (13/04/2019)

Assalamu Alaikum Wr Wb

Berikut disampaikan daftar peserta Pelatihan Sound system atas kerjasama dengan Yayasan Kalla (Kalla Group) yang Insya Allah akan diadakan pada hari Sabtu tanggal 27 April 2019 di Masjid Raudhatul Jannah Jl. Daeng Ramang Km 16 Belakang Polda Sulsel sebgai berikut :

/assets/kcfinder/upload/files/sound%20system%20pulished.pdf

 

      


Salam
Pengurus

Update Peserta Pendaftar Pelatihan Sound system Masjid tanggal 27 April 2019 (21/03/2019)

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Sehubungan dengan rencana pelaksanaan Pelatihan sound system Masjid atas Kerjasama dengan Yayasan Kalla (Kalla Group) bulan depan tanggal 27 April 2019, berikut disampaikan peserta pelatihan yang telah terkonfirmasi untuk hadir sebagaimana terlampir. (Data update per  tanggal 21 Maret 2019). Panitia akan segera menutup pendaftaran bilamana kuota telah terpenuhi sesuai arahan dari Yayasan Kalla.

Demikian untuk disampaikan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

/assets/kcfinder/upload/files/Pelatihan%20sound%20system_27042019_YKALLA.pdf


Salam
Pengurus

SILATURAHIM DENGAN BADAN WAQAF AL QURAN (16/03/2019)

Badan Waqaf Al-Quran (BWA) menyempatkan diri untuk bersilaturahim dengan Pengurus dan Jamaah Masjid Raudhatul Jannah pada hari Jumat tanggal 15 Maret 2019 Bada Isya di Masjid Raudhatul Jannah.

Dalam operasionalnya Badan Waqaf Al Quran (BWA) telah menjalankan programnya untuk waqaf Al Quran yang tergolong daerah rawan Aqidah seperti Program Waqaf khusus Kapal Dakwah pertama di Papua, lalu Kapal Dakwah Nelayan di NTT, dan lain-lain.

Pada kesempatan ini Pengurus Masjid Raudhatul Jannah menitipkan 1 dos Al Quran yang berisi sekitar 20 buah Al Quran yang akan didistribusikan didaerah yang memerlukan dan diserahkan langsung oleh Ketua Pengurus Masjid Raudhatul Jannah, Bapak Nur Adil kepada perwakilan Badan Waqaf Al Quran (BWA), Bapak Sabran.


Salam
Pengurus

KAJIAN SUBUH BERJAMAAH, “TAUHID” (10/03/2019)

 

Alhamdulillah, Segala Puji Syukur kehadirat Allah SWT atas segala karuniahNya kepada kita sekalian. Sebagaimana jadwal Ahad bada subuh pada pekan kedua dan keempat, Kajian kali ini kembali dilanjutkan oleh Ust. Sabaruddin, Lc salah seorang Pembina pada Boarding school pada Sekolah Islam Athirah dimana kali ini beliau mengangkat tema tentang, Tauhid.

Dalam penjabarannya beliau membagi menjadi  2 bagian yaitu  Tauhid rububiyah adalah segala apa yang terjadi di dunia ini adalah yang telah diatur oleh Allah.

Lalu Tauhid Uluhiyah adalah bentuk konsekuensi dari tauhid rububiyah yang berarti bentuk peribadatan kepada Allah.

 

 


Salam
Pengurus

Pendaftaran Pelatihan Sound System Masjid di Masjid Raudhatul Jannah.......Gratis! (08/03/2019)

Assalamu Alaikum Wr Wb

Tak bisa dipungkiri bahwa masalah Sound system Masjid merupakan salah satu hal penting dalam kelancaran pelaksanaan Ibadah karena merupakan media dalam menyampaikan setiap kegiatan dalam menjalankan ibadah atau shalat lima waktu di  masjid. Namun kadang-kadang hal ini menjadi masalah bagi sebagian petugas masjid yang kurang memahami persoalan-persoalan teknis soal sound system sehingga terkadang mengganggu pelaksanaan ibadah tersebut karena suara atau masalah teknis yang ditimbulkan  pada sound system masjid kita. Untuk membantu para pengurus atau petugas Masjid dalam memahami serta menyelesaikan persoalan-persoalan teknis sound system masjid ini maka Pengurus Masjid Raudhatul Jannah akan mengadakan pelatihan Sound system Masjid atas kerjasama dengan Yayasan Kalla (Kalla Group) yang Insya Allah akan diadakan pada hari Sabtu tanggal 27 April 2019 mulai pukul 09:00 hingga sore hari dan tidak dipungut biaya alias gratis dan diikuti oleh pengurus masjid manapun (Makassar, Gowa, Takalar, Maros,Pangkep) yang berkesempatan hadir di Masjid Raudhatul Jannah Jl.Daeng Ramang Kompleks Griya Mulya Asri (GMA)  RT.07/RW08 Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya Makassar. Untuk mengikuti kegiatan ini dengan mendaftar pada  petugas yang terdapat dalam lampiran formulir konfirmasi keikutsertaan dibawah ini. Ayo segera daftar!. Kuota terbatas.

Catatan panitia :

- Makanan ringan dan makan siang disiapkan panitia

- setiap masjid diwakili 1 peserta 

- sertifikat disiapkan Yayasan Kalla (Kalla Group)

- kegiatan ini GRATIS atau tidak dipungut pembayaran, 

Mengingat kuota terbatas sehingga diharapkan peserta yang tertarik atau berkesempatan kiranya mendaftar secepatnya kepada panitia yang bertugas (PIC)

.

/assets/kcfinder/upload/files/konfimasi%20keikutsertaan%20pelatihan-01.pdf  


Salam
Pengurus

WARGA GRIYA MULYA ASRI RT.07 RW. 08 TELAH MEMILIKI KETUA RT BARU (27/02/2019)

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Setelah beberapa bulan sempat vakum, posisi Ketua RT 07 RW 08 Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya akhirnya terisi setelah keluarnya SK 148/05/SK-RTKP/II/2019 yang ditandatangani oleh Lurah Pai, Bapak Rizal Iskandar, S,STP, MSi  dan Camat Biringkanaya Bapak Mahyuddin, S.STP, M,AP pada tanggal 27 Febriari 2019 dengan menunjuk Bapak DR.Syamsi Alang Mappajalang, MM untuk meneruskan tugas pejabat sebelumnya (PAW)  Bapak Muhammad Naim Achmad yang pindah domisili. Selamat Bertugas Bapak Syamsi Alang dan terima kasih Bapak Muhammad Naim Ahmad atas pengabdiannya di RT 07 RW 08 Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya selama ini.


Salam
Pengurus

GERAKAN SHALAT SUBUH BERJAMAAH (17/02/2019)

 

Assalamu Alaikum Wr Wb.

Pengurus Masjid Raudhatul Jannah menggelar Program Shalat Subuh Berjamaah yang dimulai pada hari Ahad tanggal 17 Februari 2019 dengan mengajak jamaah sekitar Masjid Raudhatul Jannah untuk Bersama-sama shalat subuh di masjid yang dirangkaikan dengan Tausiah untuk menambah wawasan atau keilmuan khususnya tentang masalah Aqidah dan Tauhid.

Pada kesempatan pertama ini dibawakan oleh Ustad H. Sabaruddin Lc salah seorang pengasuh Sekolah Islam Athirah (Boarding School) yang menjelaskan beberapa point penting yaitu :

1. Seruan pertama Rasulullah SAW setelah diutus adalah mengajak ummatnya untuk memurnikan tauhid kepda Allah

2. Ibadah tanpa tauhid yang benar maka akan menjadi sia-sia serta

3. Ulama membagi tauhid menjadi 3 bagian yaitu  Rububiyah, Uluhiyah dan asma'u wa sshifat.

Kegiatan ini akan diadakan setiap 2 pekan sekali yaitu pada Ahad subuh pada minggu kedua.dan keempat setiap bulannya.

Berikut beberapa dokumentasi dari pelaksanaan program Gerakan Shalat Subuh Berjamaah, dan semoga Istiqamah, Aamin Ilaihi Aamiin,

 

 


Salam
Pengurus

PENGURUS MASJID RAUDHATUL JANNAH MELAYAT KERUMAH DUKA USTAD H.M.NUR MAULANA (21/01/2019)

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Kabar duka menyelimuti Ustad Maulana yang ditinggalkan oleh Istri Tercinta beliau Hj.Aliyah Ibnu Hajar yang dipanggil keharibaan Allah SWT pada hari ahad tanggal 20 Januari 2019 sekitar pukul 16:21 WITA di Rumah Sakit Bayangkara Makassar.

Pengurus Raudhatul Jannah turut berduka cita dan sekaligus melayat kerumah duka di jalan Sabutung Makassar. Semoga beliau diterima di sisiNya. Aamin Ilaihi Aamiin.

 


Salam
Pengurus

PEMILIHAN PENGURUS MASJID RAUDHATUL JANNAH 2019 – 2022 (07/01/2019)

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah setelah diadakan beberapa kali pertemuan pengurus serta panitia kecil formatur yang terdiri dari Dr. A. Rahim, SH.MH, Dr.Eng Adiwijaya, Dra.Hj, Andi Naderah Kahar, Sitti Arni, S.Kom. MM, serta H.Sarjan, S.Pd, M.Pd,   maka Pengurus dan Jamaah bermufakat untuk memberi amanah kepada Bapak Nur Adil. S.Pd untuk melanjutkan tugas dari Ketua sebelumnya Bapak Jumardi Lanta, ST. yang akan masuk dalam jajaran pengurus Dewan Masjid Indonesia Makassar. Pada kesempatan ini turut hadir Bapak H. abdul Rauf, Lc.MA sebagai Perwakilan MUI Kecamatan Biringkanaya Makassar. Pada proses mendatang akan disusun Team Kerja atau pengurus baru untuk masa tugas 2019-2022 yang nantinya akan dilantik oleh Dewan Masjid Indonesia Makassar.

 


Salam
Pengurus

Workshop manajemen pengembangan ekonomi syariah berbasis masjid (30/12/2018)

Assalamu Alaikum Wr Wb

Pengurus Raudhatul Jannah menghadiri  Workshop manajemen pengembangan ekonomi syariah berbasis masjid yang dibuka  oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia Sulawesi Selatan Bapak  H.A.M.Amin Syam yang berlangsung di Grand Celino Hotel Makassar tanggal 28-29 Desember 2018 yang kali ini diwakili oleh Ketua Pengurus Bapak Jumardi Lanta.

Pada kesempatan ini panitia menampilkan pembicara Prof. Hamdan yang juga dikenal sebagai penulis buku “Melawan Takdir” memberikan beberapa catatan sebagai berikut :

1.  Sebagian kondisi mesjid saat ini  tidak nyaman bagi generasi mileneal.

2.Tantangan DMI ke depan adalah bagaimana generasi mileneal diajak mencintai mesjid.

3.  Perlu kajian mendalam bagi pengurus mesjid sehingga mesjid itu ramai oleh generasi mileneal karena merekalah yang akan mengisi dan mengurus mesjid 10,20 & 30 tahun  ke depan.

4. Salah satu ciri generasi mileneal suka berkumpul karena ada "wifi".

5. Kualitas khatib yang tidak menyenangkan karena monoton.

6. Perlu mencari khatib yang berkualitas, konsekuensinya insentif khatib ditingkatkan dengan cara mencari strategi bagaimana mencari donatur. Karena melalui "celengan" lobangnya sempit, perlu mencari strategy yang inovatif, kreatif seperti "celengan yg menggunakan gadget" jumlahnya bisa lebih banyak.

7. Kurang dialog dengan generasi mileneal, ada gap antara generasi tua dan mileneal, mereka mengambil tempat sendiri. Mereka asyik dengan temannya sendiri. Jika mereka ditegur kalau ribut, maka  mereka mulai menjauhi mesjid.

8. Sebagian Kondisi mesjid juga saat ini sound sytemnya kurang bagus, wc tidak bersih sehingga mesjid tidak menarik bagi jamaah.

9. Perlu juga ada mubhalligat yang bisa membaca dan memberi solusi bagi kehidupan remaja putri mileneal.

 

Selain itu Sekum DMI Sulsel Ustad Hasid Palogai  juga tampil memberikan beberapa catatan dalam kajian beliau sebagai pemateri kedua dengan judul  Revitalisasi fungsi mesjid Jadikan mesjid sebagai pusat peradaban sebagaimana fungsi mesjid di zaman Rasulullah SAW  (ekonomi, sosial politik & budaya), untuk konteks sekarang fungsi mesjid selain tempat sholat, yang paling utama  bagaimana mensujudkan ummat (taat kepada perintah Allah dan Rasulullah dalam segala lini kehidupan). Untuk itu fungsi mesjid perlu pengembangan dan menghidupkan,

1. Majelis ta'lim

2. TPA/rumah Tahfidz

3. Peduli terhadap masyarakat Miskin di sekitar mesjid.

4. Tempat pelayanan kesehatan

5. Pengajian dari berbagai mazhab sehingga jamaah memiliki wawasan yang luas

6. Makmurkan mesjid dari jamaah yang bervariasi (orang tua, remaja, anak-anak, perempuan). Jika jamaah hanya didominasi orang tua, maka dipertanyakan peran pengurus mesjid.

7. Memperkuat dan Membangun hubungan sosial sesama muslim yang berbeda mazhab maupun kepada non muslim dalam sistem.sosial yang harmonis.

Dan sebagai pemateri ketiga adalah Bapak Nugroho Agung Dewanto dari  Bank Mandiri Syariah dengan materi Peluang dan tantangan Financial Teknologi (Fintech) pada pengembangan ekonomi Syariah masjid yang memberikan beberapa catatan sebagai berikut

1. Masyarakat sekarang cenderung tidak.menggunakan uang tunai saat melakukan transaksi seperti OVO, E-toll, mobile banking, T-cash dan lain lain.

2. Kemajuan suatu bangsa adalah ketika transaksi uang tunai  semakin berkurang. Tetapi semua berbasis teknologi digital.

3. Peluang, bagaimana mesjid memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk memakmurkan dan dimakmurkan mesjid sebagamana visi DMI saat ini.

Berikut beberapa dokumentasi dari kegaitan workshop ini.

  


Salam
Pengurus

MUSYAWARAH PENGURUS CABANG DEWAN MASJID INDONESIA KEC.BIRINGKANAYA (30/12/2018)

Assaalamu Alaikum Wr Wb

Pengurus Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Biringkanaya kotamadya Makassar menggelar Musyawarah pengurus pada hari Sabtu tanggal 29 Desember 2018 untuk memilih pengurus baru untuk masa penugasan 2018-2023 yang saat ini membawahi sekitar 266 Masjid di kecamatan Biringkanaya Makassar, yang dihadiri Ketua Dewan Masjid Indonesia Makassar, Camat Biringkanaya, Kapolsek Biringkanaya serta perwakilan Masjid di kecamatan Biringkanaya. Pengurus Masjid Raudhatul Jannah mengirimkan perwakilan Bapak Nur Adil, S.Pd untuk menghadiri acara ini. Dalam sambutannya Ketua DMI Makassar menekankan beberapa kriteria yang minimal harus dimiliki oleh Ketua DMI diantaranya adalah cinta Masjid dan menghubungi Masjid, Paham Al Quran, Hadits dan netral. Dari hasil musyawarah yang dilakukan oleh steering committee Pengurus Cabang Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Biringkanaya terpilih H.Abdi Asmarah, SE sebagai Ketua Dewan Masjid Indoonesia kecamatan Biringkanaya untuk periode 5 tahun mendatang.

 

 

 

 


Salam
Pengurus

PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN PAPSMEAR GRATIS (14/12/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Kegiatan lainnya yang dilakukan sehubungan dengan Acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1440H adalah Pemeriksaan Kesehatan Gratis yang meliputi pengecekan gula darah, kolesterol, pemeriksaan kulit, serta Papsmear gratis yang diikuti puluhan ibu-ibu dari warga Griya Mulya Asri ataupun warga luar juga ikut dalam kegaitan yang diselenggarakan atas kerjasama dengan PT Kimia Farma Tbk yang berlangsung dari Bada Dhuhur sampai sore harinya.


Salam
Pengurus

Temu Koordinasi dalam peningkatan Masjid (13/11/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb.


Dengan mengambil tempat di Hotel 
Whiz Prime Hotel, Selasa 13 November 2018. Bagian Kesra Pemprov Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel mengadakan Kegiatan Temu Koordinasi dalam rangka Peningkatan Masjid terutama dalam meningkatkan keekonomian Masjid misalnya bekerjasama dengan lembaga Bulog. Salah satu organisasi yang memiliki kerjasama dengan Bulog adalah Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Bulog hanya meminta mesjid menyiapkan tempat dan pengelola. Kemudian Bulog mendrop bahan pokok untuk dijual dengan harga sedikit lebih murah dari harga di minimarket. Hasil penjualan dikembalikan ke Bulog,  keuntungannya diatur secara proporsional antara pengelola dan pemasukan mesjid, tergantung kesepakatan (akad). Hadir dalam kesempatan ini Ketua Pengurus Masjid Raudhatul Jannah, Bapak Jumardi Lanta.

Demikian sekilas materi dalam kegiatan temu koordinasi ini.

 

 


Salam
Pengurus

Penyerahan Award Pahlawan Guru Mengaji 2018 (10/11/2018)

Assalamu Alaikum Wr Wb

Puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT pada hari ini, Perintis dan pengajar Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA/TPQ) Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri berhasil mendapatkan BKPMRI Award 2018 sebagai Pahlawan Guru Mengaji. Selamat kepada.Ibu Dra.Hajjah Andi Naderah Kahar atas jasa dan pengabdian beliau selama ini.

Acara ini  dibuka oleh Ketua BKPMRI Makassar  Bapak Muzakkir Ali Djamil, ST yang merupakan silaturrahmi Akbar Guru Mengaji dan Persatuan Orang Tua Santri  yang dirangkaikan dengan Penganugerahan Achievment Awards Guru Mengaji di tiap Kecamatan atas dedikasinya mengabdikan diri sebagai  Guru Mengaji. (els)

 

 


Salam
Pengurus

Pengenalan T-Cash di Masjid dan website Masjid Raudhatul Jannah (08/11/2018)

Assalamu alaikum Wr. Wb

Alhamdulillah, Pada hari ini, kamis 08/11/2018 Pengurus Masjid Raudhatul Jannah memperkenalkan penggunaan T-Cash atas kerjasama dengan Telkomsel Indonesia sebagai salah satu cara dalam penggalangan dana dengan menggunakan teknologi T-Cash. Dengan demikian jamaah atau donatur dapat lebih mudah dalam menyalurkan sedekah atau infaq ke Masjid hanya dengan proses scanning melalui handphone/ mobile jamaah ke barcode masjid yang tersedia termasuk yang ada di website resmi Masjid Raudhatul Jannah (http://raudhatuljannah-gma.com) yang nantinya akan link atau terkoneksi dengan nomor rekening masjid Raudhatul Jannah di bank Mandiri.

Untuk bersedekah melalui tcash ini pertama-tama yang harus dilakukan adalah :

1. Mendownload aplikasi tcash di play store untuk hp android dan app store di hp iphone

2. Setelah di download akan ada permintaan data-data termasuk nomor Hp, serta email untuk diinput diaplikasi tcash

3. Setelah itu tcash sudah bisa melakukan transaksi melalui scan barcode, dari hp melalui aplikasi tcash yg dgn memilih tombol yang  letaknya pojok kanan atas di layar hp

3. Untuk bisa melakukan transaksi tentunya tcash kita harus ada saldonya, dan cara mengisi saldonya bisa melalui alfamart, indomaret, mbanking (pilihan banknya tcash)

4. Demikian penjelasan singkatnya, kiranya bisa membantu dalam proses untuk applikasi T-Cash

Marilah kita gunakan teknologi ini sebagai salah satu cara untuk lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT dengan berinfaq atau berdonasi. Dan semoga apa kita lakukan mendapat pahala disisi Nya. Aamiin Ilaihi Aamiin,

klik gambar untuk melihat gambar asli


Salam
Pengurus

Penyerahan Donasi ke Korban Gempa, tanah longsor dan Tsunami (21/10/2018)

Assalamu Alaikum Wr Wb

Sebagai bagian dari kegiatan kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah gempa.bumi, tsunami dan tanah longsor di Palu, Donggala, Sigi, dan sekitarnya, kali kedua Posko Masjid Raudhatul Jannah kembali menyalurkan bantuan yang diterima Oleh Posko Relawan di Jalan Doktor Sutami pinggir tol Makassar. Dan Alhamdulillah  berdasarkan informasi yang diterima sore ini bahwa donasi dari posko Masjid Raudhatul jannah termasuk dalam pengangkutan ke Palu sore ini. Semoga menjadi ladang amal.bagi kita semua. Amin Ya Rabbal Alamin

 


Salam
Pengurus

MASJID RAUDHATUL JANNAH MERAIH JUARA II LOMBA MASJID SE KECAMATAN BIRINGKANAYA (06/10/2018)

Assalamu Alaikum Wr Wb.

Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri berhasil meraih Juara II dalam lomba Masjid se Kecamatan Biringkanaya yang dilakukan pada tanggal 12 September 2018 oleh Team Penilai dari Kecamatan Biringkanaya  yang dipimpin oleh Ibu Vivi Andriyani Mahyuddin. Secara garis besar penilaian ini meliputi : Kebersihan, Administrasi dan Pengembangan Fungsi Masjid. Nampak penyerahan hadiah yang diterima Oleh Ketua Pengurus masjid  Bapak Jumardi Lanta bersama Ketua RT 07 RW 08 Bapak Muhammad Naim Achmad di Kantor Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya Makassar. Semoga moment ini meningkatkan semangat kita untuk lebih memakmurkan masjid baik dalam kegiatan ibadah mahdah (ritual), shalat berjamaah dan lain-lain maupun ghair Mahdah (kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya termasuk pengembangan Masjid), Amin Ilaihi Amin.

  

 


Salam
Pengurus

Penilaian Masjid Se Kecamatan Biringkanaya (11/09/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Masjid Raudhatul Jannah, "Dari Laporan manual ke Media Elektronik dengan Transparansi pembukuan berbasis Website"

Team Penilai dari Kecamatan Biringkanaya beserta rombongan tiba di Masjid Raudhatul Jannah pada hari Selasa 11 September 2018 sekitar pukul 10:00  yang di pimpin langsung oleh Ketua Tim Penilai, Ibu Vivi Andriani Mahyuddin yang juga sebagai Ketua Penggerak PKK Kecamatan Biringkanaya Kotamadya Makassar. Turut pula mendampingi beliau dari Team dari Kelurahan Pai dan diterima oleh Ketua Pengurus Masjid Bapak Jumardi Lanta dan Ketua RT007/RW008 Bapak Muhammad Naim Achmad, Bendahara Masjid Bapak H.Ridwan beserta pengurus lain termasuk dari Pengurus TPA/TPQ Raudhatul Jannah

Penilaian ini diantaranya  meliputi, Tertib administrasi, kebersihan, Pendidikan, ide atau kreatifitas pengurus, pengelolaan kurban, prinsip kemandirian masjid dan tak lupa diingatkan kembali program walikota Makassar “Jagai Anatta”serta termasuk program Masjid Ramah Anak.

Ketua Pengurus Masjid Raudhatul Jannah secara detail menjelaskan proses pengembangan Pendidikan di Masjid Raudhatul Jannah, mulai dari TPA, Remaja Masjid, Kajian Fiqih, Pengajian rutin majelis taklim, Bahasa Arab, bahasa Inggris dengan konsep pendidikan Taman dengan berkolaborasi dengan pengurus RT 007/RW008 yang menghadirkan expatriate dari beberapa negara misalnya Amerika Serikat,Australia, Hungaria, Italia dan Russia, dengan system pelajaran, "Bermain sambil belajar". Khusus Transparansi Keuangan oleh Bendahara Masjid Bapak H. Ridwan, dengan memanfaatkan teknologi website yang bisa diakses dimanapun kita berada, dengan system banking yang menggunakan system ATM serta pengenalan Bank Rekonsiliasi sederhana (simple method, cash basis) dengan selisih 0 rupiah (penerimaan - pengeluaran -.biaya = saldo rekening bank).  Dengan metode ini harusnya potensi kesalahan hitung dana masjid bisa diminimisasi dan lebih khusus lagi dalam meningkatkan kepercayaan jamaah kepada pengurus Masjid. Tidak ada pengurus yang memegang uang cash (uang tunai) dan semua melalui bank dan bisa dikontrol oleh siapa saja, apalagi melalui website resmi masjid Raudhatul Jannah (http://raudhatuljannah-gma.com).  Demikian disampaikan Ketua Pengurus Masjid, serta Koordinator Kemitraan, Komunikasi dan Informasi yang juga ditegaskan bahwa setiap pengeluaran harus mendapat persetujuan pengurus yang berwewenang secara tertulis. Termasuk laporan inventaris Masjid yang online bisa diakses, setelah dilakukan asset counting/cek fisik secara rutin setahun oleh Bidang terkait. Mengingat lokasi atau area Masjid yang tidak begitu luas sehingga Pengurus Masjid ini sedang memikirkan opsi lain dalam mengembangkan keekonomian masjid dengan mencoba membuka ruang iklan untuk perusahaan atau rumah hijab, bank syariah dan lain-lain yang tentunya akan memberikan nilai ekonomi ke Masjid. Demikian sekilas informasi dari kegiatan penilaian ini dan akhirnya kunjungan diakhiri dengan foto Bersama.

   

 


Salam
Pengurus

Persiapan Menghadapi Penilaian Masjid se Kecamatan Biringkanaya (09/09/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Masjid Raudhatul Jannah mendapat kepercayaan sebagai perwakilan Masjid di Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya Makassar dalam lomba Penilaian Masjid se Kecamatan Biringkanaya yang Insya Allah akan diadakan pada hari Selasa tanggal 11 September 2018. Sebagai bagian dari rencana penilaian Masjid oleh team dari Kecamatan Biringkanaya, warga Kompleks Griya Mulya Asri (GMA) bersama-sama melakukan kerja bakti dalam area Masjid Raudhatul Jannah dengan koordinasi Pengurus Masjid dan Pengurus RT 007/RW008 . Berikut beberapa dokumentasi dari kegiatan ini.


Salam
Pengurus

Ujian Kenaikan Sabuk/Penurunan Kyu di Mall GTC (26/08/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb.


Salam olahraga,
Inkanas Sulawesi Selatan kembali melakukan Ujian Kenaikan Sabuk/Penurunan Kyu yang diadakan di Mall GTC Metro Tanjung Bunga Makassar yang juga diikuti Karateka dari.anak-anak GMA.yang kali ini mengirimkan 9 Karateka yang terdiri.dari 1 sabuk putih, 4 sabuk kuning dan 4 sabuk hijau yang berlangsung dari pagi hingga sore hari.

Tetap.semangat anak-anakku!! (nad)

 


 


Salam
Pengurus

Halal Bihalal Warga Griya Mulya Asri dengan Pemerintah Setempat (23/08/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Untuk mempererat silaturahim antara sesama, memanfaatkan momentum perayaan Idul Adha 1439 H, warga Kompleks Griya Mulia Asri (GMA), Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Rabu malam (22/8/2018) mengadakan acara Halal Bihalal dengan jajaran pemerintah setempat.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan Halal bi Halal tahun ini jauh lebih meriah, tidak hanya melibatkan warga kompleks, tetapi juga melibatkan warga dari RW lain sekitar. Turut hadir pula Plt Camat Biringkanayya, Mahyuddin, mewakili Walikota Makassar yang awalnya diagendakan hadir dalam kegiatan tersebut, serta Ketua RT 007/RW008, Muhammad Naim Achmad dan pengurus Masjid.Raudhatul Jannah selaku tuan rumah.

Mahyuddin dalam sambutannya mengapresiasi kinerja pengurus RT dan warga kompleks GMA yang selama ini mampu menciptakan lingkungan yang tertata rapi, bersih dan asri dengan tanaman yang terawat, berkat kerja sama antarwarga.

Mahyuddin juga mengingatkan pentingnya menjaga lingkungan dari ancaman kebakaran, seiring dengan maraknya kejadian kebakaran dalam seminggu terakhir.

Kegiatan ini juga diisi dengan tauziyah dari Ketua MUI Kec. Biringkanaya, Ustadz H. Abd. Rauf Lc. MA yang menjelaskan makna silaturahmi sesuai tuntunan Al Quran.

“Secara kolektif manusia harus berpegang teguh pada agama Allah saling membantu satu dengan yang lain dengan cara saling mengingatkan tentang kebaikan termasuk mengingatkan jika ada yang berbuat kesalahan,” ujarnya.

Dikatakan Rauf bahwa untuk membangun silaturrahim maka dibutuhkan kesungguhan termasuk berkurban sebagai salah satu bentuk memperkuat silaturrahim, dengan cara membagikan daging kurban kepada fakir miskin, tetangga atau keluarga.

Di akhir ceramahnya, Rauf mengharapkan agar silaturrahim antar warga tanpa memandang, agama, suku dan latar belakang sosial semakin ditingkatkan agar tercapai kerukunan antar warga.

 

 

 


Salam
Pengurus

Rekreasi, Sosial dan Pendidikan di Alam Terbuka ala Anak-Anak GMA. (02/05/2018)

Kegiatan program after school Kelompok Anak-anak Griya Mulya Asri (GMA) merupakan kegiatan rutin warga GMA yang dilaksanakan setiap hari Minggu pagi. Kegiatan ini diinisiasi untuk mengisi waktu bermain anak-anak saat berlibur melalui kegiatan yang bermanfaat melalui permainan di taman kompleks GMA. Street Party Neighbourhood Community merupakan program khusus yang terbentuk atas kejasama kemitraan kemasyarakatan dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang bersama dengan AFS Bina Antar Budaya Chapter Makassar dan didukung penuh oleh warga GMA, Pengurus Masjid Raudhatul Jannah, dan pengurus RT 07 RW 08  GMA. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyelenggrakan kegiatan ekstra sekolah yang bersifat rekreasi, pendidikan dan social.  Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari berurut setiap hari minggu.

 

Kegiatan hari pertama bertemakan rekreasi melalui English Fun Day. Metode kegiatan ini adalah belajar Bahasa Inggris sambil bermain dan pengisi kegiatan dilakukan oleh empat volunteer siswa AFS Bina Antar Budaya Makassar dari empat Negara yang berbeda yaitu Chulpan (Rusia), Jane Yanira (Italia), Boti (Hungaria) dan Xavi (Amerika Serikat). Melalui game-game permainan menarik yang telah disiapkan maka anak-anak akan lebih mudah menyimak pelajaran Bahasa Inggris karena langsung dari native berbahasa Inggris. Selama kegiatan berlangsung, tidak ada kecanggungan bagi anak-anak untuk terlibat bersama dengan para volunteer tersebut dalam keseruannya bermain bersama. Kegiatan hari kedua bertemakan pendidikan melalui Learning by Gagdet. Metode kegiatan ini adalah belajar Bahasa Inggris praktis melalui alat peraga smartphone dan gadget. Kegiatan ini dipandu langsung oleh tim PKM PNUP melalui beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk digunakan bagi anak-anak dalam kemudahannya memahami dasar-dasar ilmu Bahasa Inggris. Melalui kegiatan ini, anak-anak telah diberi wawasan penggunaan smartphone dan gadget yang baik bagi pendidikan dan aktivitas postif lain, sehingga bagi mereka alat tersebut bukan hanya dipergunakan hanya untuk permainan game-game semata. Kegiatan hari ketiga bertemakan social melalui Story Telling. Metode kegiatan ini adalah menyampaikan pembelajaran dengan cara mendongeng sebagai aktivitas social komunikasi yang mudah dan murah terutama untuk menyampaian pesan moral pada anak. Anak-anak saat dikumpulkan tidak merasa dinasehati dan digurui oleh pendidik karena turut melibatkan seluruh perhatiannya sehingga larut dalam cerita. Selain itu, mendengarkan dongeng juga dapat mempengaruhi perkembangan pikir dan kecerdasan kognitifnya untuk menyimpulkan makna yang terkandung dalam cerita dongeng tersebut. Melalui dongeng ini, aktivitas anak-anak GMA juga ditambahkan dengan aktivitas sosialnya melalui Sedekah Dongeng yang dibawakan langsung oleh pendongeng nasional Kak Heru. Pada pertemuan Sedekah Dongeng kali ini, seluruh anak-anak GMA sangat antusias memberikan sedekahnya secara ikhlas, dan telah terkumpul hasil sedekah berjumlah Rp 1.539.500,00 untuk disumbangkan langsung ke Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri.

Seluruh pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di taman terbuka hijau kompleks Griya Mulya Asri 1, Jl. Dg Ramang Makassar. Kurang lebih sebanyak 70-an anak-anak usia antara 3-12 tahun berkumpul bersama dalam alam terbuka untuk terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan tersebut diatas. Kami berharap semoga kegiatan ini terus mendapat dukungan dari warga masyarakat sekitar dan menjadi program rutin kesenangan bagi anak-anak dikala sedang berlibur ataupun ingin mendapatkan suasana berbeda selama belajar sambil bermain, Demikian disampaikan oleh  Koordinator Kegiatan Lapangan, Ibu  Sirmayanti. Pada kesempatan yang sama disampaikan juga oleh Bapak  Naim Achmad, Ketua RT 07/ RW 08 yang sangat senang program ini bisa berjalan dengan baik dan diharapkan bisa terus berkesinambungan.

 


Salam
Pengurus

KERJA BAKTI MEMPERERAT SILATURAHIM WARGA RT07/RW08 (30/04/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Dalam rangka untuk lebih memperat silaturahim diantara warga RT 07/RW 08 Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya, secara rutin bulanan diadakan kerja bakti yang hari minggu tanggal 29 April 2018 dipusatkan pada jalan masuk kompleks, area taman termasuk apotik hidup serta area Masjid Raudhatul Jannah. Sejak pagi warga sudah mulai berkegiatan untuk melakukan pembersihan di area yang telah ditentukan yang dipimpin langsung oleh  Ketua RT 07 RW.08 Bapak Naim Achmad.  Berikut beberapa dokumentasi dari kegiatan rutin ini. (nac/aw)

 

 


Salam
Pengurus

Bermain sambil Belajar dengan peserta AFS - BINA BUDAYA ANTAR BANGSA (22/04/2018)

Atas kerjasama AFS - Bina Antar Budaya Chapter Makassar, Tim PKM Politeknik Negeri Ujung Pandang , RT07/RW08 Kelurahan Pai dan Pengurus Masjid Raudhatul Jannah kembali mengajak anak-anak Kompleks Griya Mulya Asri Sudiang untuk melanjutkan kegiatan belajar sambil bermain dalam  Bahasa Inggris hari minggu pagi tanggal 22 April 2018 di Taman Griya Mulya Asri (GMA), dengan materi yang  disajikan berupa learning English via gadgets. Tujuannya pembelajaran ini untuk memperkenalkan manfaat gadget sebagai media belajar online yang baik sehingga anak-anak tidak memiliki mindset dan kebiasaan bahwa  gadget  hanya bermanfaat buat game (gaming) atau permainan saja. Turut berpartisipasi juga beberapa volunter peserta AFS dari beberapa negara seperti Chulpan (Russia), Xavi (Amerika Serikat), Jane Yanira (Italia) dan Boti (Hungaria) yang berbaur dengan anak-anak komuniti GMA. Demikian disampaikan oleh Koordinator kegiatan Ibu Sirmayanti. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua RT 07/RW08, Bapak Naim Achmad berharap kegiatan seperti ini bisa memotivasi anak-anak bisa lebih meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan orang asing tanpa.canggung lagi.

  


Salam
Pengurus

SHALAT GERHANA (02/02/2018)

 

Assalamu alaikum Wr. Wb

Segala puji bagi Allah atas limpahan rahmat yang diberikan kepada kita semua.

Pada hari Rabu  malam tanggal 31 Januari 2018 terjadi Gerhana Bulan  (khusuf) yang kali ini akan datang hanya setiap 150 tahun sekali.  Untuk memaknai kebesaran Allah  SWT seperti yang disunnahakan  oleh Rasulullah SAW, Jamaah Masjid bersama warga sekitar mengadakan shalat gerhana yang dipimpin oleh Imam Masjid Raudhatul Jannah Bapak Andi Muharram dan dilanjutkan dengan Khutbah oleh Dr. A. Rahim, Koordinator Bidang Pendidikan dan Dakwah Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri. (IN/MJ)

 

 


Salam
Pengurus

Silaturahim dengan Ulama Kharismatik, Anregurutta Bapak DR.KH. Sanusi Baco, Lc (28/01/2018)

Alhamdulillah suatu kesyukuran bagi pengurus Masjid Raudhatuljannah bisa bersilaturahim dengan Ulama Kharismatik, Anregurutta Bapak DR.K.H. Sanusi Baco, Lc yang juga adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan. Dengan penuh Kearifan beliau menerima pengurus Masjid yang diwakili oleh Mangku Alam Ranreng dari Bidang Kemitraan, Komunikasi dan Informasi di kediaman beliau.


Salam
Pengurus

UJIAN KENAIKAN TINGKAT / PENURUNAN KYU KARATE (25/01/2018)

Setelah latihan sekitar 6 bulan, kembali Karateka dari Kompleks Griya Mulya Asri (GMA)  mengikuti Ujian Kenaikan Sabuk/Penurunan Kyu yang dilangsungkan pada hari minggu tanggal 21 Januari 2018 di Mall GTC Tanjung Bunga Makassar yang diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Kali ini  Ranting Griya Mulya Asri (GMA) mengirimkan 11  perserta untuk kegiatan ini. Dan berdasarkan hasil ujian yang diterima, semua perserta Karateka dari Ranting GMA dinyatakan lulus. Berikut beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan event ini.

 


Salam
Pengurus

Dzikir Bersama untuk mendoakan warga yang sakit (12/01/2018)

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Kegiatan Dzikir bersama jamaah Masjid Raudhatul Jannah bersama anak-anak TPA/TPQ  untuk mendoakan kesembuhan salah seorang jamaah atau warga Kompleks Griya Mula Asri, Ananda A. Syifa Tri Hartanto, kiranya segera diberi kesembuhan dan diangkat penyakitnya oleh Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin

 


Salam
Pengurus

INFO ACT (AKSI CEPAT TANGGAP) SULSEL TENTANG KONDISI TERKINI PALESTINA (09/01/2018)

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Situasi semakin sulit, begitu lah kenyataannya yang benar-benar terjadi. Dalam blokade dan penjajahan, pasien hanya bisa terbaring lemah di ranjang rumah sakit. Selama ini obat-obatan sudah makin sulit dan mahal, kini datang lagi kesulitan baru.

Mulai akhir Desember 2017 lalu, Dapur Umum Indonesia yang diinisiasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Palestina ini pun sambangi beberapa rumah sakit. Setiap harinya ada ribuan paket nasi, juga lauk dan buah-buahan untuk pasien rumah sakit di Gaza. Setiap harinya 3.000 pasien di 8 rumah sakit yang tersebar di seluruh Gaza disuplai makanannya selama 3 kali sehari.

 

Pesan disampaikan oleh : Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulsel

 #LetsSavePalestine
#LetsUniteForAlQuds


Salam
Pengurus

PELATIHAN MANAGEMENT MASJID MANDIRI - BAGIAN II (26/12/2017)

Assalamu alaikum Wr.Wb

“INOVASI  MANAJEMEN MASJID,    JANGAN DITUNDA”

Bank Muamalat bekerjasama Dewan Masjid  Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Selatan mendatangkan Ketua Umum Masjid  Jogokariyan, Yogyakarta yaitu Bapak  Ustadz H.M.Jazir AR. Masjid  yang dikenal menjadi percontohan manajemen Masjid di Indonesia yang sangat peduli dengan jamaah dan masyarakat sekitar Masjid. Mereka mengelola Masjid   dengan prinsip “ saldo harus 0”. Artinya jika uang terlalu lama mengendap di pengurus, niat jamaah menyumbang  belum sampai, karena belum digunakan dan belum mendapat manfaat dari jamaah.  Tanggal 21 Desember 2017 kemarin, ustadz Jazir berbagi pengalaman dengan kurang lebih 150 pengurus Masjid  yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan di Hotel Four Point.

Pengurus Masjid   harus inovatif itu kuncinya, Ujar beliau. Bagaimana upaya memakmurkan Masjid  dan dimakmurkan oleh Masjid, harus dimulai dari How to image. Image kita terhadap Masjid   dimulai dengan mengembalikan fungsi Masjid   pada zaman Rasulullah. Dimana Masjid tidak hanya sebagai tempat melaksanakan ibadah mahdah, tetapi jauh lebih luas dari itu yakni Masjid  sebagai pusat ghair mahdah (ibadah sosial). Masjid pada zaman Rasulullah digunakan sebagai pusat pendidikan, pemerintahan, menyusun strategi perang (politik), ekonomi. Keseluruhan aktifitas yang dilakukan oleh Nabi sebagai upaya untuk menjadikan Masjid   pusat membangun peradaban yang benar. Ada tempat yang buruk dalam membangun peradaban, adalah pasar, karena disitu tempat berpeluang orang bisa saling menipu, penghargaan seseorang karena kapitalnya. Sementara di Masjid  penghargaan orang kepada tingginya ilmunya.

Pengurus harus berpikir keras bagaimana mengajak sebanyak-banyaknya jamaah datang di Masjid. Sejak tahun 1999 di Masjid   Jogokariyan, Yogyakarta  upaya itu mulai dirintis. Dengan cara memberi makan kepada anak yatim, orang-orang miskin yang di sekitar Masjid. Bentuk sedekah di Masjid  tidak hanya uang tetapi pengurus mulai membuka kotak sedekah beras, awalnya terkumpul 1,7 ton/bulan. Dan semua disalurkan kepada orang-orang miskin dan anak yatim di dekat Masjid. Memberikan asuransi atau jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin.  Setiap subuh dibuka kotak amal khusus untuk orang miskin, dengan harapan subuh sebelum dimulai aktifitas kita bersedekah. Memulai perjalanan kita bersedekah sehingga kita mendapatkan keselamatan.

Untuk mengetahui jumlah orang miskin di sekitar Masjid, dimulai dengan cara melakukan pemetaan, bahkan memetakan siapa orang muslim dan orang non muslim. Pengurus memiliki data orang muslim yang rajin ke Masjid dan yang tidak rajin ke Masjid, jika ada orang muslim yang tidak rajin ke Masjid, maka selain diberi sembako, mereka juga diberi pakaian shalat. Jika mereka tidak tahu cara shalat, maka mereka diajar tata cara melakukan shalat.  Sementara orang non muslim, mereka juga tetap mendapat sembako secara rutin sebagaimana orang muslim yang miskin. Yang berbeda mereka tidak diajari shalat tetapi bagaimana bisa hidup bersama dan saling menghargai dalam satu kampung. Sehingga sampai saat ini jamaah yang shalat membludak, setiap pagi setelah selesai shalat subuh pengurus Masjid  menyediakan menu sarapan pagi bagi jamaah. Sehingga Alhamdulillah Masjid  selalu ramai. Bagaimana mereka yang miskin mau shalat, katanya makan saja susah. Jika ada jamaah pengangguran, atau belum mendapat pekerjaaan sementara sudah tamat sekolah, maka mereka dilatih kewirausahaan. Sudah banyak jamaah yang sekarang memiliki pekerjaan yang bagus dimulai dari Masjid. Jika ada jamaah pintar service AC tetapi kurang pelanggan, maka pengurus Masjid  membuat pengumuman, jika ada warga yang membutuhkan service AC silahkan hubungi pengurus Masjid dari situ para warga yang memiliki keterampilan diberi pekerjaan. Sehingga Masjid  dinilai hadir untuk mengatasi masalah ekonomi yang dihadapi oleh jamaah dan masyarakat sekitarnya.

Bagimana memanage Masjid  dengan prinsip saldo nol, jangan pernah takut saldo Masjid Nol. Karena Allah akan menggantikan lebih banyak lagi. Pada bulan Ramadhan saat upaya ini mulai dirintis, saldo Masjid  nol, minggu depannya saldo Masjid  menjadi 1,6 Milyar, Subhanallah.  Tetapi persoalannya kemudian sulit juga menghabiskan uang sebanyak itu. Sehingga kami pengurus Masjid  menyalurkan ke Masjid  lain untuk digunakan buka puasa karena niat para jamaah berseedekah untuk menyiapkan buka puasa, kata Bapak H.M.Jazir. Sehingga selama bulan ramadhan kurang lebih 2.500 piring makanan yang habis untuk kegiatan buka puasa. Tidak ada sumbangan jamaah yang tersisa.

Jika ada jamaah kehilangan barang di Masjid,  maka pengurus Masjid menggantikan sama dengan barangnya yang hilang, dan diumumkan, sehingga berikutnya tidak ada lagi yang kehilangan barang.  Begitupula Masjid  tidak dikunci sebagaimana beberapa Masjid selama ini. Masjid  ini dibuka 24 jam untuk digunakan melakukan aktifitas ibadah dan kajian. Bahkan ada yang melakukan tirakat dengan cara dzikir dan menyendiri di Masjid  termasuk shalat tahajjud. 

Selain itu Masjid   juga tidak bergantung pada kotak amal  Masjid tetapi bagaimana menciptakan usaha ekonomi Masjid  yang menopang aktifitas Masjid, sehingga dari penghasilan tersebut Imam digaji 5,6 jt sementara marbot digaji 2,5 juta lebih tinggi dari UMR. Karena kita harus mendudukan mereka dari posisi yang mulia, tidak hanya mereka diberi gaji tetapi mereka dimuliakan. Mereka diharapkan fokus mengurus Masjid. Kecuali pengurus Masjid, yang memberi gaji adalah pemilik Masjid, yang Maha Pengasih lagi maha penyayang.

Mulai saat ini, jangan menunda, saatnya Masjid bersatu untuk memperkuat posisi ummat Islam yang selama ini kita dikuasai oleh kapitalisme global yang jumlahnya hanya sedikit. Semoga Allah SWT, meridhoi langkah kita, demikian kata penutup Ustad H. Jazir.

Sementara Prof. Dr.Ahmad Sewang pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel sebelum menutup acara, mengingatkan bahwa Syekh Yusuf yang kuburannya sekarang ada di Capetown Afrika Selatan, setiap bulan Desember ribuan orang berkumpul di dekat kuburannya baik orang muslim maupun non muslim, mereka memperingati bagaimana perjuangan Syekh Yusuf membangun peradaban di Afrika Selatan. Mereka dicintai oleh masyarakat Afrika Selatan sampai saat ini, karena menjadikan Masjid  sebagai pusat membangun hubungan sosial, meletakkan dasar-dasar pendidikan dengan masyarakat Afrika Selatan. Sehingga di dunia ini mungkin hanya beliau yang menjadi pahlawan nasional di dua Negara yakni di Indonesia dan Afrika Selatan. Untuk itu jangan pernah lelah mengurus dan memakmurkan Masjid,  Insya Allah, Allah akan memudahkan urusan-urusan kita dan jiwa kita menjadi lebih tenang. Wassalam. (JL/NA)


Salam
Pengurus

PELATIHAN MANAGEMENT MASJID MANDIRI - BAGIAN I (21/12/2017)

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Setiap masjid biasanya memiliki manajemen tersendiri dalam mengelola jamaah. Sepenuhnya bagaimana pengurus beserta umat mengelolanya menjadi lebih produktif dan bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. Untuk lebih mengetahui tentang hal ini Pengurus Masjid Raudhatul Jannah mengirimkan 2 perwakilan yaitu Bapak Jumardi Lanta dan Bapak Nur Adil  untuk mengikuti pelatihan mengenai Tata Kelola atau  Management Masjid Mandiri yang difasilitasi oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel, BKPRMI Sulsel dan ACT Sulsel serta disponsori oleh Bank Muamalat dengan  narasumber dari Tim Masjid Jogokariyan Yogyakarta dan Tim Keuangan Bank Muamalat , dengan Tema “Saatnya Ummat Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid” yang bertempat di Hotel Four Point by Sheraton Makassar pada hari Kamis, 21 Desember 2017. Pelatihan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari Para Pengurus atau Pembina Masjid di kota Makassar.

Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menggali potensi masyarakat atau jamaah untuk memakmurkan masjid dengan tidak hanya mengandalkan kebiasaan konvensional yang berupa kotak amal,  infaq, sadaqah, zakat tetapi bisa lebih kreatif, inovatif serta produktif dalam menciptakan ide-ide dalam upaya membangun unit-unit ekonomi masjid dalam rangka untuk mendatangkan jamaah ke masjid dalam beribadah kepada Allah SWT. Berikut beberapa gambar yang terkait dengan kegiatan yang masih berlangsung ini.


Salam
Pengurus

SUMBANGAN AL QUR'AN (18/12/2017)

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Alhamdulillah Masjid Raudhatul  Jannah  menerima sumbangan Al Qur'an dari donatur, Travel Haji dan Umroh Ar Rasyeed Makassar yang diserahkan langsung oleh Direktur PT. Ar Rasyeed, Bapak Haji Mahmuddin Rasyid, S.E.,  pada hari minggu tgl 17 Desember 2017 yang diterima oleh Pengurus Masjid Raudhatul Jannah, Bapak Nur Adil, S.Pd dari bidang Pendidikan dan Dakwah yang nantinya akan dialokasikan untuk menunjang kegiatan di TPA/TPQ Raudhatul Jannah serta untuk Jamaah Masjid. Terima kasih banyak dihaturkan kepada donatur semoga dilipatgandakan pahalanya dan dilancarkan usahanya. Amin Ya Rabbal Alamin.

 


Salam
Pengurus

STROKE (11/12/2017)

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Begitu mendengar kata stroke, orang akan memiliki gambaran mengenai macam dari penyakit ini.  Penyakit yang awalnya akibat ketidaklancaran peredaran darah ke beberapa organ tubuh yang kemudian berefek pada otak manusia. Stroke adalah penyakit yang menyerang sistem syaraf yang mengakibatkan penderita mengalami ketidakmampuan untuk beraktifitas.

Untuk menambah ilmu kesehatan dalam hal ini tentang penyakit saraf, pengurus Masjid Raudhatul Jannah mengundang Dokter Spesialist Saraf, Ibu Dr. Erni Pancawati, Sp.S, M.Kes pada hari Ahad 10 Desember 2017, yang kali ini mengulas tentang  penyakit stroke yang dimulai dari definisi, gejala, antisipasi atau pencegahan serta hal-hal yang bisa dilakukan jika  yang ada yang mengalami gejala stroke ini, termasuk jenis makanan yang dianjurkan dan makanan yang sebaiknya dikurangi atau dihindari jika tidak ingin menderika gejala stroke. Pertemuan diakhiri dengan diskusi interaktif dengan peserta.

 

 


Salam
Pengurus

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1439H (04/12/2017)

 

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Untuk lebih mengenal sifat-sifat Nabi Muhammad SAW sebagai suri teladan bagi umat manusia di muka bumi ini, pengurus Masjid Raudhatul Jannah GMA mengadakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari minggu 03 Desember 2017 atau bertepatan tanggal 14 Rabiul Awal 1439H yang dimulai dengan pembacaan Ayat suci Al Quran beserta saritilawah, lalu pengantar dari Kepala Kelurahan Pai/mewakili serta sambutan oleh Bapak Ketua Pengurus Masjid Raudhatul Jannah, Bapak  Jumardi Lanta dan diakhiri dengan acara puncak yaitu hikmah Maulid yang dibawakan oleh Bapak Ustad DR.H. Syahrir Nuhung, Lc.M.THi dengan tema, “Bersama Rasulullah SAW di Surga”. Acara ini dimulai sekitar pukul 10:00 WITA yang dihadiri oleh pengurus RT 07 RW 08 serta warga kompleks Griya Mulya Asri dan sekitarnya. Tak ketinggalan pula partisipasi dari anak-anak TPA/TPA Raudhatul Jannah dalam mengisi acara ini diantaranya Qasidah/Nasyid.

Dalam hikmah Maulid, ditekankan lebih lanjut bagaimana sifat-sifat Nabi Muhammad SAW yang patut di contoh oleh umat manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang akan mengantar kita masuk surga di akhirat kelak. Amin Ya Rabbal Alamin. Berikut beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan acara ini,


Salam
Pengurus

DONOR DARAH & CERAMAH KESEHATAN TENTANG KANKER PAYUDARA (27/11/2017)

Asslaamu Alaikum Wr.Wb

Setiap kantong donor darah yang didonasikan bisa menyelamatkan tiga orang yang membutuhkan.  Demikian mulianya tujuan dari kegiatan ini. Dengan mengangkat topik, "Ayo Donorkan darah anda, dapat pahalanya, dapat sehatnya". Majelis Taklim Raudhatul Jannah berkerja sama dengan PMI, BKMT Kecamatan Biringkanaya dan PERMATA Pai kembali mengadakan kegiatan donor darah di Masjid Raudhatul Jannah yang diadakan pada tanggal 26 November 2017 yang dimulai pukul 08:30 - 11:45. Pada kesempatan yang sama juga diadakan ceramah kesehatan seputar "Deteksi Dini Kanker Payudara serta cara Pencegahannya" serta pengenalan program "hari makan buah dan sayuran".

   

 


Salam
Pengurus

PEMASANGAN RAMBU-RAMBU SEKITAR MASJID RAUDHATUL JANNAH GMA (31/10/2017)

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Untuk lebih menata keteraturan di area Masjid Raudhatul Jannah, khususnya pada saat acara Jumatan,  kini telah dilakukan pengaturan perparkiran yang dipusatkan disebelah utara masjid (lokasi pemotongan hewan kurban tahunan) dan tidak dianjurkan kendaraan diparkir di depan Masjid/seputar pohon  mangga untuk  memberikan ruang gerak yang cukup kepada jamaah lain yang akan melaksanakan shalat atau ibadah lainnya di Mesjid Raudhatul Jannah, serta anjuran untuk melepas alas kaki saat memasuki tempat Wudhu/Kamar Mandi Masjid.

Selain itu pada bagian depan Masjid juga telah dipasang “Tanda Hati-Hati” pada waktu-waktu tertentu, untuk memberi informasi kepada para pengendara supaya lebih berhati-hati serta mengurangi kecepatan berkendara karena intensitas keluar masuk santri/santriwati atau anak-anak belajar naik sepeda/motor atau bermain  di jalanan depan Masjid cukup tinggi. Pengurus sangat mengharapkan bantuan serta kerjasama dari Bapak/Ibu/Jamaah untuk merealisasikan tujuan ini untuk keamanan, ketertiban dan kenyamanan kita semua.


Salam
Pengurus

ASSET COUNTING / ASSET OPNAME (22/10/2017)

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Untuk mendapatkan data lebih detail mengenai kondisi, jumlah serta perubahan Asset atau barang-barang inventaris Masjid Raudhatul Jannah, kembali Pengurus melakukan kegiatan “Physical  Asset  Counting / Asset Opname “ yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 22 Oktober 2017 di Masjid Raudhatul Jannah dimana kegiatan ini dikoordinir oleh Bidang Pengadaan dan Inventarisasi Masjid yang dimulai dari ba’da Subuh sampai selesai. Dari kegiatan ini diperoleh beberapa perubahan data tentang penambahan jumlah asset yang berasal dari donasi jamaah atau beberapa asset yang telah rusak untuk disesuaikan dalam daftar Invertaris Masjid. Untuk laporan hasil kegiatan ini akan disajikan dalam daftar Laporan Inventaris Mesjid dalam website ini.

 

 


Salam
Pengurus

PERESMIAN RUMAH IMAM MASJID RAUDHATUL JANNAH

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Puji Syukur dipanjatan kehadirat Allah SWT sehubungan dengan selesainya proyek pembangunan rumah imam yang berlokasi tepat dibelakang Masjid Raudhatul Jannah yang dananya diperoleh dari berbagai sumber, khususnya dari Jamaah, para donatur, donasi beberapa perusahaan dan sumber lain sehingga pada tanggal 20 September 2017  proyek ini diresmikan dan siap untuk dihuni. Acara Peresmian ini dimulai dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Ustad Burhanuddin, S.Ag. M.Phil dan dilanjutkan dengan peninjauan proyek bersama pengurus Masjid dan jamaah.  Pengurus tak henti hentinya berterima kasih atas segala partisipasi, bantuan, doa  dari semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian program rumah imam ini.

 

 


Salam
Pengurus

SILATURAHIM SERTA CERAMAH AGAMA MENYAMBUT TAHUN BARU ISLAM 1439 H

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Dalam menyambut tahun baru Islam 1439H,  Pengurus Masjid Raudhatul Jannah  Kompleks Griya Mulya Asri mengadakan acara silaturahim serta ceramah agama dengan tema, “Hijrah dari Sifat Kesombongan” yang dibawakan oleh Bapak Ustad Burhanuddin, S.Ag. M.Phil yang didahului oleh pembacaan ayat suci Al Quran dan saritilawah oleh Ibu-Ibu Majelis Taklim Raudhatul Jannah, dan dirangkaikan dengan Peresmian Rumah Imam Masjid Raudhatul Jannah yang berlokasi dibelakang Masjid serta dilanjutkan dengan doa bersama.

 


Salam
Pengurus

PELAKSANAAN PEMOTONGAN HEWAN KURBAN TAHUN 1438 H

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Bersama ini kami  pengurus Masjid Raudhatul Jannah / Panitia Idul Qurban 1438 H menginformasikan bahwa jumlah daging kurban dari 11 ekor sapi yg dikurbankan tahun ini di Masjid Raudhatul Jannah GMA sebanyak 546 kg, dan telah disalurkan kepada 70 peserta kurban sebanyak 140 kg, keluarga peserta kurban 70 kg, serta 336 kg disalurkan ke warga sekitar kompleks GMA yakni Kampung Bugis & warga di  lorong 4 & 5 (kupon), warga GMA, pekerja, & 5 Panti Asuhan ( 1 di jl. Berua, 3 di belakang Coca Cola & 1 di samping Kantor KUA kec. Biringkanaya).  Terima kasih kepada seluruh peserta kurban, Panitia Idul Qurban, Majelis Taklim Raudhatul Jannah, Pengurus RT 07/RW 08 dan  donatur (tenda, t-shirt panitia) atas kolaborasi dan dukungannya dalam pelaksanaan seluruh rangkaian pemotongan hewan kurban, distribusi daging kurban sampai pelaksanaan malam ramah tamah. Semoga ALLAH  SWT memberi berkah bagi kita semua, Aamin Allahumma Amin. (JL)

 


Salam
Pengurus

APOTIK HIDUP

Assalamu Alaikum Wr Wb.

Warga kompleks Griya Mulya Asri juga memanfaatkan taman kompleks untuk mengembangkan kegiatan apotik Hidup, selain sebagai obat alami dari alam, Taman apotik hidup ini juga berfungsi sebagai media pembelajaran untuk anak-anak. Berbagai macam tanaman obat telah dikembangkan di lahan ini untuk dimanfaatkan oleh warga yang membutuhkan.

   


Salam
Pengurus

KERJA BAKTI

Assalamu Alaikum Wr Wb. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman, maka dari itu Masyarakat di sekitar Masjid Raudhatul Jannah, tepatnya warga kompleks Griya Mulya Asri, menyempatkan untuk selalu kerja bakti menjaga kebersihan lingkungan, karena selain untuk tetap menjaga kebersihan kompleks, juga agar senantiasa lingkungan tetap sehat.

   


Salam
Pengurus