Kegiatan Majelis Taklim - Masjid Raudhatul Jannah GMA Makasar

TAHSINUL QIROAH (29/07/2019)

Majelis Taklim Raudhatul Jannah GMA (MT-RJ)  kembali mengadakan mengaji bersama Tahsinul Qiroah yang dibimbing oleh Ibu Elis Setiawati dan Ibu Hj.Hajeriah Sardjan yang diikuti oleh Ibu-Ibu Pengajian Kompleks Griya Mulya Asri (GMA) yang dilaksanakan pada hari Ahad sore di Masjid Raudhatul Jannah. Pada kesempatan ini pengajian difokuskan pada juz 30 yang nantinya akan dilanjutkan pada kegiatan mendatang. Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an yang baik, benar dan indah, (baik dalam bacaannya, benar dalam tartilnya dan indah didengarnya).


Salam
Pengurus

Halal Bihalal dengan BKMT Biringkanaya (30/06/2019)

Team Qasidah dan salawat  dari Ibu-Ibu Majelis Taklim Raudharul Jannah (MTRJ) mengikuti Acara Halal bihalal yang sponsori oleh BKMT Kecamatan Biringkanaya Makassar dan dihadiri oleh Seluruh Majelis Taklim.se Kecamatan Biringkanaya yang bertempat di Gedung Balai.Transmigrasi Jalan Dg. Ramang Makassar pada hari Sabtu tanggal 30 Juni 2019.  Dengan mengambil tema "Sucikan Hati kuatkan Silaturahim" kegiatan ini diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al.Quran serta saritilawah lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Panitia yang diakhiri dengan pembacaan doa. Berikut beberapa dokumentasi dari kegiatan ini.


.....


Salam
Pengurus

Kegiatan Ekonomi 'Bank Sampah' (01/04/2019)

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Majelis Taklim Raudhatul Jannah (MT-RJ), memasukkan kegiatan Bank Sampah dalam program kerja yang salah satu kegiatannya adalah pengumpulan sampah plastik seperti botol plastik untuk ditimbang dan diserahkan ke petugas Bank Sampah Kelurahan yang nantinya akan disumbangkan kepada TPA Raudhatul Jannah dalam menunjang biaya operasionalnya. Kegiatan ini dikoordinir oleh Koordinator TPA/TPQ Raudhatul Jannah Ibu Dra.  Hj. Andi Naderah Kahar yang berbaur dengan Ibu-Ibu MT. Raudhatul Jannah.

   

 


Salam
Pengurus

IBU-IBU MT RAUDHATUL JANNAH GELAR BAZAAR (17/03/2019)

Assalamu Alaikum Wr Wb

Serangkaian dengan Kegiatan Baksos Pembersihan Karang Gigi Gratis kerjasama dengan Thibbun Nabawi Medical Center, Ibu-Ibu MT Raudhatul Jannah tak kalah kreatifnya dengan menggelar Baksos untuk para pengunjung serta warga GMA dengan meyajikan cukup banyak variasi  jenis makanan atau kue-kue jajanan termasuk kue-kue tradisional khas dari beberapa daerah di Sulsel yang digelar di area Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri. Dan Alhamdulillah kegiatan ini digemari pengunjung dan makanan yang disajikan hampir-hampir tidak tersisa. Dari hasil usaha yang terkumpul semuanya didedikasikan ke Masjid Raudhatul Jannah. Berikut beberapa dokumentasi dari kegiatan ini.


Salam
Pengurus

Lomba Baca QS Al Waqiah (24/02/2019)

Assalamu Alaikum Wr Wb  

Majelis taklim Raudhatul Jannah kembali mengikuti perlombaan pembacaan QS Al Waqiah yang diadakan oleh BKMT Biringkanaya yang diikuti oleh 9 Peserta Majelis Taklim se Kecamatan Biringkanaya Makassar yang bertempat di.Masjid Nurul Islam Goa Ria.Makassar.  Dalam perlombaan ini Majelis Taklim.Raudhatul Jannah meraih Juara Favorit.
Selamat Ibu Ibu MT Raudhatul.Jannah GMA,.dan tetap.semangat.


Salam
Pengurus

HAL-HAL YANG HARUS DISEGERAKAN (23/12/2018)

Assalamu alaikum Wr Wb.

 

Puji Syukur dihaturkan kepada Allah SWT atas karuniah yang diberikan kepada kita semua. Alhamdulillah Majelis Taklim Raudhatul Jannah (MT-RJ) kembali mengadakan Kajian Islami yang kali ini mengangkat tema “Hal-Hal yang harus disegerakan” yang diantarkan oleh Bapak Ustad H. Muhammad Taslim, S.Ag, M.Ag. Dalam kajiannya beliau menyampaikan 9 hal yang harus disegerakan kaum muslimin dan muslimat diantaranya segera shalat, membayar zakat, menjamu Tamu, Menikahkan Anak perempuan, Mengantar Jenazah, segera bertobat, segera bayar utang, tunaikan haji dan segera minta maaf kepada orang lain.   Demikian beberapa petikan tausiah yang disampaikan beliau pada kajian kali ini.

  


Salam
Pengurus

Kajian Majelis Taklim, "Ibadah" (21/10/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Pengajian rutin bulanan Majelis Taklim Raudhatul Jannah kali ini menghadirkan Bapak Ustad H.Muhammad  Taslim, S.Ag, M.Ag. yang mengambil tema, "Ibadah dalam arti luas" yang pada intinya memberikan gambaran bahwa terkadang sebagian orang menganggap ibadah itu hanya yang berhubungan dengan hablumminallah saja padahal apapun yang kita kerjakan semuanya dapat bernilai ibadah kalau bisa memenuhi 3 syarat yaitu, 
(1). Niat, (2).Doa dan yang ketiga adalah sesuai perintah Allah dan sunnah Rasulullah SAW yang tentunya bernilai ibadah dan mendapatkan pahala buat kita semua. Demikian beberapa intisari dari kajian yang disampaikan oleh Bapak Ustad Muhammad Taslim sore ini.

 

  

 


Salam
Pengurus

Kajian Rutin Bulanan MT-Raudhatul Jannah Bersama Ustad Andi Hadi Ibrahim Baso, SS,MA (17/09/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Menyambut tahun baru 01 Muharram 1440H/2018M, Majelis Taklim Raudhatul Jannah mengadakan kajian rutin yang kali ini menghadirkan Ustad Andi Hadi Ibrahim Baso,SS, MA yang pada intinya mengajak kita harus pandai-pandai mengoreksi pada diri kita masing-masing. 

Sebagaimana firman Allah SWT pada Surat Al-Hasyr : 8 yang artinya sebagai berikut:

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kalian kepada Allah dan hendaklah setiap jiwa memperhatikan apa yang sudah dilakukan untuk hari esok”

Ayat tersebut memberikan pengertian kepada kita bahwa kita dianjurkan supaya takut kepada Allah dan mengoreksi diri kita masing-masing atas segala perbuatan yang telah kita lakukan untuk menghadapi hari esok (hidup di akherat kelak).


Khalifah Umar Bin Khatab R.A telah menetapkan perhitungan tahun Islam yang sangat populer disebut tahun Hijriyah. Sebab tahun pertamanya ditetapkan mulai hijrahnya Rasulullah SAW dari kota Makkah ke  kota Madinah yaitu pada tahun 622 Masehi.

Adapun tujuan sahabat Umar bin Khatab R.A memilih peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah sebagai momentum yang paling tepat untuk menentukan awal tahun Islam. Karena peristiwa tersebut mengandung makna yang sangat penting bagi ummat Islam khususnya dan bagi ummat manusia umumnya.

Kita juga diperintahkan berhijrah sebagaimana Rasulullah SAW diperintahkan hijrah. Hanya saja hijrah yang harus kita lakukan sekarang ini adalah disebut hijrah qalbiyah, yaitu berusaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri. Berusaha supaya masa depan kita lebih baik dari masa yang lalu. Hendaklah hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.Maka peristiwa hijrah Rasul tersebut marilah kita jadikan sebagai promotor atau pendorong untuk melakukan hijrah dari kemaksiatan menuju ketaatan, dari kemusyrikan menuju ketauhidan, dari kebodohan menuju kemajuan dan dari kemiskinan menuju kecukupan.

Demikian intisari dari rangkaian tausiah yang diantarkan oleh Bapak Ustad Andi Hadi Ibrahim Baso, SS,MA dalam kegiatan kajian rutin Majelis Taklim Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri Makassar.

 

 

 


Salam
Pengurus

BANTUAN UNTUK KORBAN KEBAKARAN (25/06/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama manusia yang sedang mengalami musibah, Majelis Taklim Raudhatul Jannah bekerjasama dengan Pengurus RT 07/RW08 Kompleks Griya Mulya Asri melakukan kegiatan sosial untuk menggalang serta menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban kebakaran di RT 04/RW 08 Kelurahan Pai Kecamatan Biringkananya Makassar yang terjadi beberapa hari yang lalu. Bantuan yang terkumpul dari warga Kompleks Griya Mulya Asri berupa sembako, pakaian dan lain-lain. Bantuan ini telah diantar dan disalurkan langsung kepada korban kebakaran pada hari Senin tanggal 25 Juni 2018 oleh Pengurus RT dan Majelis Taklim Raudhatul Jannah. (ar/na)

 


Salam
Pengurus

TUDANG SIPULUNG DENGAN KETUA BKMT MAKASSAR (11/05/2018)

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1439H, Majelis Taklim Raudhatul Jannah mengikuti acara Tudang Sipulung Badan Koordinasi Majelis Taklim (BKMT) se Kecamatan Biringkanaya Makassar yang dihadiri Ketua BKMT Makassar Ir.Hj.Aliyah Mustika Ilham Arif Sirajuddin yang bertempat di Aula Gedung Transmigrasi di Jalan Daeng Ramang Makassar yang sebelumnya menampilkan Qasidah dari Majelis Taklim Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri (GMA). Berikut beberapa dokumentasi terkait dengan acara ini. (hps)

    

 


Salam
Pengurus

LOMBA  ASMAUL HUSNA  (22/04/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb

 

Majelis Taklim Raudhatul Jannah (MTRJ) yang berkolaborasi dengan beberapa Majelis Taklim sekitar berhasil keluar sebagai Juara 1 dalam lomba Asmaul Husna se Kecamatan Biringkanaya Kotamadya Makassar yang diadakan di Aula Kantor Kecamatan Biringkanaya yang dirangkaikan dengan Peringatan Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW tahun 1439H. Berikut beberapa dokumentasi yang terkait kegiatan ini. (ri/naim)

 


Salam
Pengurus

PELATIHAN MASTER OF CEREMONY (MC) (12/03/2018)

Majelis Taklim Raudhatul Jannah turut berpartisipasi dalam kegiatan Pelatihan menjadi Master of Ceremony (MC) yang diwakili oleh Ibu Elis Setiawati dan Ibu Dzakiyah sebagai perwakilan TPA Raudhatul Jannah. Kegiatan ini  diadakan di Masjid Al Muttaqien Perumahan Gelora Baddoka Indah yang diikuti oleh Ibu-Ibu Majelis Taklim Kecamatan Biringkanaya, guru-guru TPA serta remaja masjid dengan pembawa materi Bapak Arafah Dilham. Adapun materi yang dibawakan adalah, Menjelaskan Pengertian Master of Ceremony (MC), Tugas-tugas seorang MC, serta syarat-syarat menjadi MC. Berikut beberapa gambar yang terkait dengan kegiatan ini.

  


Salam
Pengurus

TAHSINUL QIRA'AH - Lanjutan (26/02/2018)

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Pada pengajian kali ini Ibu-Ibu Majelis Taklim raudhatul Jannah Komlpeks Griya Mulya Asri masih melanjutkan materi pengajian sebelumnya tentang  tempat-tempat keluarnya huruf hijaiyyah atau sesuai makharijul huruf dan tata bacanya seperti dalam tajwidnya, dalam rangka meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an yang baik, benar dan indah, (baik dalam bacaannya, benar dalam tartilnya dan indah didengarnya), yang dibimbing oleh Ibu Elis Setiawati.  (ELS/RI)

 


Salam
Pengurus

TAHSINUL QIRA'AH (16/01/2018)

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Untuk meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an yang baik, benar dan indah, (baik dalam bacaannya, benar dalam tartilnya dan indah didengarnya),  sesuai makharijul huruf dan tata bacanya seperti dalam tajwidnya, Majelis Taklim Raudhatul Jannah kembali mengadakan pendalaman tentang membaca Al Qur’an yang dibimbing oleh Ibu Elis Setiawati pada hari ahad, tanggal 14 Januari 2018 yang bertempat di Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri, Makassar.  Materi yang dibawakan adalah Tahsinul Qira’ah yang dilanjutkan dengan hukum nun sukun dan tanwin dari Q.S Al Baqarah ayat 1-5. (ELS)

 


Salam
Pengurus

LOMBA SHALAWAT BADAR (18/12/2017)

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Majelis Taklim Raudhatul Jannah kembali meraih juara dalam lomba Shalawat Badar sebagai juara III yang diadakan oleh BKMT Biringkananaya yang bekerja sama dengan Kelurahan Laikang juga disponsori oleh beberapa perusahaan pada hari Ahad, 17 Desember 2017 di Bundaran Perumnas Sudiang Makassar. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa Peserta dari Majelis Taklim di Kecamatan Biringkanaya, Makassar. Selamat Ibu-Ibu dan tetap Semangat!.

(hs/sm/a)


Salam
Pengurus

BELAJAR TAJWID (27/11/2017)

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Untuk lebih mengetahui cara membaca Al Qur'an dengan lebih baik dan benar, Ibu-Ibu Majelis Taklim Raudhatul Jannah juga mengadakan proses belajar tentang Ilmu Tajwid yang di bawakan oleh Ibu Elis Setiawati pada hari ahad tanggal 26 November 2017 di Masjid Raudhatul Jannah. Diharapkan kegiatan ini semakin menambah pengetahuan dalam membaca huruf-huruf hijaiyyah, termasuk hukum bacaan.


Salam
Pengurus

PAHALA BERMAJELIS (22/10/2017)

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Ibu-Ibu  Majelis Taklim Raudhatul Jannah hari minggu kemarin tanggal 22 Oktober 2017 kembali menggelar Pengajian rutin di Masjid Rudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pentingnya Bermajelis yang kali ini disajikan oleh Bapak Ustad Syamsir Arafah,S.HI dengan tema, “Pahala Bermajelis” termasuk juga dalam pembahasan materi mengenai pengertian, keutamaan lainnnya dalam  bermajelis. Acara ini merupakan  kegiatan rutin Majelis Taklim Raudhatul Jannah sesuai dengan program kerja tahunan yang telah disusun sebelumnya.  Semoga apa yang kita lakukan senantiasa bernilai Ibadah.  Amin Ya Rabbal alamin. (a/sm)

 


Salam
Pengurus

PERLOMBAAN QASIDAH MENYAMBUT TAHUN BARU 1 MUHARRAM 1439H

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Team Qasidah Majelis Taklim Raudhatul Jannah kembali meraih Juara I dalam Lomba Qasidah antar Majelis Taklim Se Kecamatan Biringkananya dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1439H pada tanggal 21 September 2017 yang di sponsori oleh INDOMARET bekerja sama dengan PERMATA Kec Biringkanaya. Selamat Ibu-Ibu dan Tetap semangat!!

 


Salam
Pengurus

SENAM PAGI

Assalamu Alaikum Wr Wb. Selain dalam kegiatan keagamaan, ibu-ibu kompleks Griya Mulya Asri juga aktif pada kegiatan lainnya, misalnya tampak pada foto dibawah Ibu-ibu sedang melakukan senam kesegaran pada hari minggu pagi.

   


Salam
Pengurus

QASIDAH IBU MAJELIS TAKLIM

Assalamu Alaikum Wr Wb. Ibu-ibu majelis taklim Masjid Raudhatul Jannah Griya Mulya Asri Makassar juga berperan aktif dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan positif lainnya. Salah satu kegiatan ibu-ibu majelis taklim tampak pada perayaan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW, ibu-ibu majelis taklim tampak antusias memainkan lagus islami dengan qasidah/rebana.


Salam
Pengurus

PASAR MURAH RAMADHAN

Assalamu Alaikum Wr Wb. Kerjasama ibu-Ibu Majelis Taklim dengan pengurus RT 07 RW 08 dengan INDOMARET dalam pasar murah di Kompleks Griya Mulya Asri pada bulan Mei 2017.

   


Salam
Pengurus

KUNJUNGAN KE PANTI ASUHAN

Assalamu Alaikum Wr Wb. Kegiatan pemberian sumbangan ke beberapa panti asuhan yang dilakukan oleh Ibu-Ibu Majelis Taklim Raudhatul jannah pada tanggal 17 Juni 2017.

   

   


Salam
Pengurus

LOMBA CEPAT TEPAT

Assalamu Alaikum Wr Wb. Majelis Taklim Raudhatul Jannah keluar sebagai juara 2 Lomba cepat tepat majelis Taklim se kecamatan Biringkanaya Makassar pada tanggal 18 Juni 2017 di Mal Daya Grand Square.


Salam
Pengurus