Pengelolaan Zakat (UPZ)

UPZ Raudhatul Jannah buka Gerai Zakat (22/06/2021)

Pengurus Masjid dan Panitia Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Raudhatul Jannah GMA, telah melakukan sosialisasi untuk memulai pengumpulan zakat terutama zakat mal, infaq, sedekah pasca Ramadhan dengan sasaran awal para muzakki pada lingkungan sekitar serta masyarakat pada umumnya. Demikian disampaikan Ketua UPZ Masjid Raudhatul Jannah GMA , Sarifuddin, SE (22/06) yang bekerjasama dengan Kantor Baznas Kota Makassar. Salah satu tujuan dari program ini untuk lebih memaksimalkan potensi pengumpulan zakat termasuk pemahaman tentang zakat harta, zakat profesi, infak , sedekah yang tidak hanya terbatas dalam bulan ramadhan saja, yang nantinya akan bekerjasama dengan Kantor Baznas Kota Makassar untuk penyaluran dari zakat yang terkumpul nantinya. Adapun kontak person untuk kegiatan ini adalah Haji Sardjan dengan no WA +62821 8941 6661 dengan jadwal setiap selesai shalat 5 waktu di Masjid Raudhatul Jannah. Para muzakki juga dipersilahkan melakukan transfer langsung ke rekening UPZ Masjid Raudhatul Jannah dengan nomor rekening : 174-000 267 5940 atas nama : Masjid Raudhatul Jannah - UPZ dan melakukan konfirmasi kepada panitia UPZ.

Formulir dapat didownload dalam tautan dibawah ini (#)

/assets/kcfinder/upload/files/UPZ%20BAZNAS%20-%20%20FORMAT%20ZAKAT%20MAAL_INFAK-SADAQAH%202021_MRJ%20GMA_rev04.pdf


Salam
Pengurus

BAZNAS GELAR SOSIALISASI PERAN UPZ DI MASJID RAUDHATUL JANNAH (12/06/2021)

 

Atas kerjasama dengan Badan Amil Zakat Kota Makassar (Baznas), Pengurus Masjid Raudhatul Jannah gelar sosialisasi Peran Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam menumbuhkembangkan potensi zakat khususnya pasca Ramadhan sabtu (12/06) yang dikuti oleh Para Pengurus UPZ atau pengurus Masjid kota Makassar.

Sejatinya peran UPZ ini bisa lebih optimal jika dapat ditingkatkan pasca Ramadhan sehingga dapat mengumpulkan serta menyalurkan kepada yang berhak dengan jumlah yang lebih besar.

Dalam uraiannya, Ketua Baznas Kota Makassar, H.M.Ashar Tamanggung, S.Ag, menyampaikan petikan UU No.23 tahun 2011 tentang Pengelolaan zakat dan peraturan pemerintah no.14 tahun 2014, turut pula memberikan pemaparan komisaris Baznas adalah Dr. Waspada Santing,  H.Abd Jurlan, S.Ag, Ahmad Taslim, S.Ag, MSi dengan moderator H. Arifuddin. Kegiatan ini pula akan terus dilanjutkan oleh Baznas kota Makassar seiring dengan penyempurnaan data base serta IT (information technology) yang lebih baik lagi.

Kegiatan ini menjadi sangat menarik dengan berbagai pertanyaan dari para peserta yang dijawab langsung oleh narasumber.

  

Ketua Pengurus Masjid Raudhatul Jannah GMA, Nur Adil,S.Pd mengapresiasi kegiatan ini supaya nantinya lebih gencar dilakukan oleh Baznas khususnya untuk lebih memperbanyak Masjid  terdaftar sebagai anggota UPZ serta pemberian bekal ilmu fiqih dan tata kelola zakat dan pendampingan,  serta diharapkan nantinya ada semacam UPZ percontohan di tiap-tiap kecamatan yang dilanjutkan ke tiap kelurahan.

Kegiatan ini dirangkaian pula dengan Donor darah sukarela atas kerjasama dengan UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan.

   


Salam
Pengurus

PENYAMPAIAN LAPORAN UNIT PENGUMPUL ZAKAT KE BAZNAS KOTA MAKASSAR (21/05/2021)

Sebagai bagian akhir dari kegiatan pengumpulan serta penyaluran zakat, infak, sadaqah kepada yang berhak, Panitia Unit Pengumpul Zakat Masjid Raudhatul Jannah telah menyelesaikan proses-proses tersebut dan selanjutnya dilakukan pelaporan kepada pihak Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Makassar pada tanggal 20 Mei 2021 oleh Ketua Pengurus Masjid Raudhatul Jannah, H. Nur Adil, S.Pd  kepada Pihak Baznas Kota Makassar yang diterima oleh Bapak Haji Arifuddin sebagaimana terlampir dalam berita acara penerimaan laporan UPZ.

 Pengurus Masjid Raudhatul Jannah mengharapkan bahwa kegiatan ini bisa diperluas tidak hanya dilakukan rutin sekali setahun namun dapat dilakukan rutin bulanan terutama zakat harta untuk lebih mengoptimalkan peran UPZ sebagai wadah terdepan dalam kegiatan penerimaan zakat harta dari para muzakki sehingga dapat berfungsi secara lebih optimal dalam menerima dan menyalurkan zakat kepada yang berhak.

 

Berikut laporan Panitia UPZ Masjid Raudhathul Jannah GMA yang dapat dilihat dalam tautan terlampir.

/assets/kcfinder/upload/files/Final%20and%20reported%2020052021.pdf

Demikian untuk disampaikan kepada jamaah sekalian.


Salam
Pengurus

Koordinasi dengan Baznas Kota Makassar (10/05/2021)

Untuk lebih mematangkan proses pelaksanaan kegiatan UPZ Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri (GMA), Ketua Pengurus Masjid Raudhatul Jannah, H.Nur Adil, S.PdI melakukan kunjungan serta silaturahim dengan Pengurus Baznas kota Makassar pada hari ini Senin 10/05/2021. Dalam kesempatan ini Ketua Pengurus Masjid Raudhatul Jannah juga melaporkan proses penerimaan zakat yang dilakukan serta menyerahkan 30% dana Zakat harta kepada Petugas Baznas Kota Makassar sesuai informasi yang diterima sebelumnya.

 


Salam
Pengurus

Proses Distribusi Zakat Fitrah dan Zakat Maal Bagian pertama (10/05/2021)

 

Pagi ini Ahad, 09 Mei 2021 Panitia Unit Pengumpul Zakat (UPZ)  Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri telah melakukan serangkaian penyerahan zakat fitrah bagian pertama kepada 5 (lima) Panti Asuhan , serta satu rumah Tahfiz  Al Quran yaitu :

1. Panti Asuhan Asyaratun Mukarramah,

2. Panti Asuhan  Anshar Timor timur,jl.belakang coca cola Jalan Perintis Kemerdekaan

3. Panti Asuhan Al-khaer Kel.Pai ,kecamatan Biringkanaya makassar,

4. Panti Asuhan Yayasan Al Muslimun Timtim ,Makassar

5. Panti Asuhan  Furqan zumang, belakang Kobelko, jalan .Perintis kemerdekaan

6. Rumah Tahfiz Qur'an jalan Pajjaiyang lr.3 Sudiang Makassar.

 

 

Demikian disampaikan Panitia Unit Pengumpul Zakat Masjid Raudhatul Jannah, Haji Sardjan.


Salam
Pengurus

Proses Pengumpulan Zakat tahun 1442H/2021 (30/04/2021)

Seperti tahun sebelumnya dengan belum berakhirnya masa pandemic Covid19 maka proses pelaksanaan penerimaan dan pendistribusian zakat tidak banyak mengalami perubahan. Panitia Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Raudhatul Jannah GMA telah memulai penerimaan zakat dari para muzakki pada pekan kedua Ramadhan 1442H/2021 dengan koordinasi dengan pengurus Masjid Raudhatul Jannah. Besarannya pun masih kurang lebih sama dengan tahun lalu sesuai dengan data dari Badan Amil Zakat Kota Makassar (Baznas). Formulirnya sama dengan tahun sebelumnya, hanya formulir penerimaan zakat saja yang ada sedikit perubahan format, cuma ada kewajban dari UPZ untuk menyampaikan hasil 30% untuk zakat maal kepada Baznas setelah melalui koordinasi, Ujar H.Nur Adil, Ketua Pengurus Masjid yang mengikuti pertemuan dengan Baznas Kota Makassar.

 

Berikut beberapa kutipan keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Makassar seputar zakat tahun 2021/1442H sebagai berikut :

/assets/kcfinder/upload/files/Penetapan%20Zakat%20Fitrah%202021%20%281%29.PDF

 


Salam
Pengurus

PEMBUATAN DAN PENYAMPAIAN LAPORAN UPZ MASJID RAUDHATUL JANNAH 1441H (02/06/2020)

 

Pada bagian akhir dari tahapan kegiatan Panitia Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Raudhatul Jannah GMA tahun 1441H adalah membuat laporan seluruh kegiatan yang dimulai dari proses pengumpulan atau penerimaan zakat, tahapan penyaluran atau pendistribusian hingga pelaporan secara menyeluruh kepada Kantor Badan Amil Zakat Kota Makassar (Baznas).

Alhamdulillah atas kerjasama semua pihak, panitia Unit Pengumpul Zakat (UPZ) telah menyelesaikan serangkaian laporan pertanggungjawaban secara detail sesuai format yang diterima dari Badan Amil Zakat Kota Makassar dan telah diserahkan per hari ini tanggal 02/06/2020 kepada  Petugas Kantor Badan Amil Zakat Nasional Kota Makassar.

Adalah pengalaman pertama bagi Team Kerja UPZ Masjid Raudhatul Jannah sejak disahkan menjadi Unit Pengumpul Zakat pada bulan Februari 2020 lalu, dan semuanya berjalan baik dan lancar, serta rasa syukur kepada Allah SWT atas kelancaran ini serta kepatuhan warga GMA sekitarnya dalam menunaikan salah satu rukun  Islam, demikian disampaikan salah seorang Panitia UPZ Bapak Haji Sardjan, S.Pdi,

 

Berikut disajikan summary atau rangkuman  data UPZ yang diperoleh dari Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ)  Masjid Raudhatul Jannah GMA,  Bapak Sarifuddin, SE, sebagai berikut :

/assets/kcfinder/upload/files/FINAL%20UPZ%2001%20JUNI%202020.pdf

 

 

 


Salam
Pengurus

Pendistribusian Zakat Tahap III (23/05/2020)

Pada tahapan pendistribusian terakhir ini, Panitia UPZ mengfokuskan pada beberapa panti-panti Asuhan serta rumah-rumah tahfidz di Kecamatan Biringkanaya, diantaranya, Panti Asuhan Furqon Sumang, Asyaratun Muharramah, An Nashar, Al Muslimun, serta Rumah Tahfiz As Syuhada di daerah Telkomas dengan jumlah zakat yang disalurkan sebesar Rp. 3,150,000 kepada 20.mustahik. Demikian disampaikan oleh Panitia UPZ,  Haji Sardjan.

  


Salam
Pengurus

PENERIMAAN DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT UPZ TAHAP II (17/05/2020)

Pada tahap kedua ini, kembali Panitia Unit Pengumpul Zakat Masjid (UPZ) Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri (GMA) melanjutkan proses pendistribusian zakat fitrah, infaq dan sadaqah kepada 66 Mustahik disektiar Jalan Daeng Ramang yang telah didata atau disurvey sebelumnya. Dari hasil penerimaan zakat tahap kedua ini, diperoleh hasil : Zakat fitrah berupa uang dari 78 orang Muzakki sebesar Rp.3,358,000, lalu zakat maal 2 orang sebesar Rp.9,870,000, Infak dan sadaqah Rp.208,000 serta fidyah 1 orang sebesar Rp. 300,000 atau dengan total uang tunai sebesar Rp. 13,736,000 serta beras sebanyak 28 liter. Demikian disampaikan Panitia UPZ Masjid Raudhatul Jannah Bapak Haji Sardjan.

    


Salam
Pengurus

PENERIMAAN DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT UPZ TAHAP I (13/05/2020)

Sesuai dengan perencanaan awal panitia Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri (GMA) dimana terdapat perubahan mekanisme dalam proses penerimaan ataupun penyaluran zakat, infaq dan shadaqah dalam tahun 1441H/2020 ini dikarenakan kondisi wabah virus covid-19 sehingga waktu penerimaan zakat dipercepat dan dimulai pada 1 Ramadhan 1441H. Alhamdulillah dalam tahap pertama telah terkumpul sebagai berikut : Uang (baik tunai maupun transfer melalui rekening UPZ Masjid pada bank Mandiri #174-000-267-5940) sebesar Rp.5,957,000 yang terbagi dalam 39 amplop, beras sebanyak 125 liter yang dibagi dalam 25 kantor dengan masing-masing berisi  5 kg per kantong.

 

Kesemuanya telah disalurkan oleh Panitia Unit Pengumpul Zakat kepada Mustahik pada tanggal 12 Mei 2020.

 


Salam
Pengurus

Penerimaan dan Pendistribusian Zakat 1441H (07/05/2020)

Dalam rangka proses penerimaan atau pengumpulan zakat dari para.Muzakki tahun 1441H/2020, pengurus Masjid Raudhatul Jannah GMA melakukan beberapa perubahan kebiasaan dari tahun-tahun sebelumnya seiring terjadinya wabah virus corona covid 19 misalnya dengan mempercepat proses pengumpulan zakat tersebut yang dimulai sejak.01.Ramadhan 1441H dengan jam kerja petugas pukul 10:00-12:00 dan sore hari mulai pukul 15:00-17:00 WITA. Selain itu formulir telah diinformasikan secara online di website Masjid serta Whatsup Group Masjid serta Group komunitas lainnya di Area kompleks Griya Mulya Asri RT 07 RW 08 Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya Makassar. Petugas yang diamanahkan tahun ini adalah Bapak.H. Sardjan, S.Pd.

 
Sedangkan rencana pendistribusian akan langsung dilakukan secara bertahap bilamana jumlah penerimaan dianggap cukup oleh Panitia UPZ.sehingga tidak menunggu sampai akhir Ramadhan, demikian disampaikan Ketua UPZA Masjid Raudhatul Jannah, Bapak Sarifuddin,SE.


Hal ini dilakukan untuk.memberi ruang atau waktu yang cukup kepada petugas UPZ saat proses pendistribusian nantinya dengan tetap memperhatikan segala kebutuhan alat pelindung diri di lapangan.

Dalam proses pengumpulan atau penerimaan zakat ini dilakukan dengan hati-hati dengan tetap menjaga jarak (physical.distancing), tidak.bersalaman, menggunakan sarung tangan serta penyediaan hand.sanitizer serta sabun cuci tangan di area Masjid.

 


Salam
Pengurus

Data Pengelolaan Zakat Masjid Raudhatul Jannah tahun 2018 dan 2019 (14/02/2020)

Selama ini kegiatan Pengumpulan Zakat, Infaq, Sadaqah serta fidyah dilakukan melalui Panitia Zakat Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri (GMA) RT,007 RW.008 Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanya Makassar yang berasal dari Warga sekitar Jalan Daeng Ramang khusunsya Kompleks Griya Mulya Asri. Adapun hasil pengumpulan serta pendistribusian kepada yang berhak adalah sebagai berikut :

Selain kegiatan penerimaan zakat, infaq dan sadaqah ini, Pengurus Masjid Raudhatul Jannah GMA juga telah memulai melakukan program donasi bulanan kepada Panti-Panti Asuhan atau rumah tahfiz daerah sekitar Masjid Raudhathul Jannah sejak bulan September 2019 lalu. Nilai donasi dari Jamaah Masjid Raudhatul Jannah yang telah tersalurkan selama beberapa bulan dalam tahun 2019 tersebut adalah IDR. 900,000. Dan kegiatan ini tetap berkesinambungan hinggal saat ini.

 

 


Salam
Pengurus

Masjid Raudhatul Jannah resmi tercatat sebagai UPZ pada BAZNAS MAKASSAR (12/02/2020)

Alhamdulillah, Pengurus Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri (GMA)  RT.007 / RW.008  Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya telah menerima SK dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kotamadya Makassar untuk menjadi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dengan nomor : 010/KEP/BAZNAS-MKS/UPZ/II/2020 yang ditandatangani oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kota Makassar, Bapak DR.H.M. Anis Zakaria Kama, S.H,M.Si, M.H yang efektif berlaku per tanggal 10 Februari 2020.

Dalam kepengurusan Unit Pengumpul Zakat ini, Bapak Sarifuddin, SE sebagai Ketua Panitia, kemudian Bapak H.Sarjan S,Pd sebagai sekertaris dan Bapak Muchlisun, SP sebagai Bendahara serta anggota yaitu Bapak Nurjohansyah,S,Si dan Bapak Arifin.

Berikut Surat Keputusan dari Baznas Kota Makassar sebagaimana dilampirkan dibawah ini :

 


Salam
Pengurus