Perayaan Hari Besar Agama Islam

Perayaan Idul Adha 1440H/ 2019M di Masjid Raudhatul Jannah GMA (11/08/2019)

Pelaksanaan Idul Adha 1440H/2019M  dipusatkan di Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulya Asri (GMA) yang dihadiri segenap warga kompleks Griya Mulya Asri beserta warga sekitar yang dimulai dengan pembacaan beberapa informasi seputar idul kurban termasuk daftar nama yang berkurban dimana tahun ini berjumlah 11 kelompok oleh pembawa acara Jumardi Lanta,ST yang dilanjutkan dengan penyampaian laporan pengurus oleh Ketua Panitia Nurjohansyah, S.Si lalu penyampaian tata cara pelaksanaan shalat idul Adha oleh Dr. A. Rahim,SH, MH.

Dalam Pelaksanaan Idul Kurban ini, Ustad Barliantah Abdullah, S.Ag tampil sebagai.Khatib dan Imam shalat oleh Ustad Awaluddin. S.PdI

   

Dalam penyampaian khutbah Ustad Barliantah Abdullah mengangkat tema yang berjudul, Haji dan Kurban wujudkan taqwa, tadhliyah dan ukhuwah menekankan beberapa hal tentang
1.Khutbah haji wada' Nabi Muhammad SAW, Kisah pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS, serta ibadah haji & kurban memiliki esensi hikmah berupa Taqwa, Tadlhiyah dan Ukhuwah 2.Taqwa adalah ketaatan total pada Allah SWT baik dalam hal aqidah,ibadah,akhlaq hingga muamalah 3.Tadlhiyah (Pengorbanan) adalah keniscayaan dalam melaksanakan ketaatan pada Allah SWT, berkorban harta, tenaga bahkan jiwa tercermin dalam ibadah haji dan kurban 4.Ukhuwah Islamiyah adalah terjaganya persatuan kaum muslimin dan terhindarnya mereka dari perpecahan sebagaimana contoh dari ibadah haji dan kurban.

 

Setelah shalat Id akan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban pada lokasi yang telah disiapkan panitia di pintu 2 GMA yang akan dilakukan Ustad Andi Hadi Ibrahim,S.Sos, MSi.


Salam
Pengurus

Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440H dan Pelantikan serta Pengukuhan Pengurus Baru 2019-2022 (03/04/2019)

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW 1440H/2019M kali ini dirangkaikan dengan Pengukuhan dan pelantikan Pengurus Baru Masjid Raudhatul Jannah tahun 2019-2022 oleh Dewan Masjid Indonesia Makassar yang diwakili oleh Wakil Ketua I, Bapak Drs. H. Tompo, MHI  bertempat di Masjid Raudhatul Jannah, Selasa malam tanggal 02 April 2019 Bada Isya. Dasar dari pelantikan ini mengacu kepada hasil musyawarah dan mufakat pengurus sebelumnya bersama jamaah pada bulan Januari 2019 untuk memilih Ketua Baru yang nantinya akan membentuk team dalam kepengurusan mendatang, dan akhirnya bermufakat untuk memilih serta menetapkan Bapak Nur Adil, S.Pd sebagai ketua terpilih untuk menggantikan Ketua sebelumnya Bapak Jumardi Lanta,ST  yang telah menyelesaikan pengabdiannya 2 periode secara berturut-turut. 

Sebelum Acara Isra' Mi'raj.dimulai, terlebih dahulu dikukuhkan serta dilantik Pengurus Baru Masjid Raudhatul Jannah 2019-2022.serta pembacaan nama-nama seluruh pengurus dan pembina sesuai dengan Keputusan surat DMI nomor 33/PD-DMI/MKS/SK/II/2019 per tanggal 01 Februari 2019 oleh Bapak.Abdul Rauf, Lc., MA. Daftar nama

pengurus dapat dilihat dalam link terlampir http://raudhatuljannah-gma.com/index.php/main/content/pengurus


Dalam pelaksanaan kegiatan Isra’ Mi'raj tadi malam dimulai dengan Pembacaan Al Quran lalu dilanjutkan dengan beberapa sambutan.diantaranya Ketua Pengurus Masjid Terpilih  Wakil Ketua I DMI Makassar, Ketua MUI Kecamatan Biringkanaya serta Kepala Kelurahan Pai.
Dalam uraian Hikmah Isra Miraj yang disampaikan oleh  Bapak Ustad Abdul Rauf, Lc. MA yang menceritakan keutamaan bulan Rajab yang salah satunya adalah bulan dimana terjadinya Isra' dan Mi'raj, yaitu awal mulanya perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam menerima perintah shalat langsung dari Allah SWT, juga memberikan gambaran seputar 7 golongan yang mendapat naungan Allah SWT kelak di padang masyar. Acara ini ditutup dengan pembacaan doa serta penampilan dari  Shalawatan POS (Persatuan orangtua Santri).Raudhatul Jannah dan TPA TPQ Raudhatul Jannah.

Berikut beberapa dokumentasi dari kegiatan ini.

   

      

 


Salam
Pengurus

MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1440H, BERSAMA USTAD H.M.NUR MAULANA (10/12/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb,

Dengan mengambil lokasi di area lapangan Griya Mulya Asri Pengurus Masjid Raudhatul Jannah menggelar Acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Ahad tanggal 09 Desember 2018 sekaligus Tabliq Akbar yang kali ini menghadirkan Ustad H.M.Nur Maulana, pengasuh acara Islam Itu Indah di Trans TV  dengan tema Sinergi dalam mengoptimalkan fungsi Masjid sebagai sarana ibadah mahdah dan social. Hadir dalam kegiatan ini adalah Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Bapak H.Suherman, juga Walikota Makassar yang diwakili oleh Ibu Sittiara serta Kapolda yang diwakili dari Bidang Pembinaan dan Pelatihan Masyarakat Ditbinmas Polda Sulsel. Turut hadir pula Camat Biringkanaya Bapak Mahyuddin, Danramil serta kepala RT RW se kelurahan Pai yang berbaur ratusan warga Kompleks Griya Mulya Asri (GMA) serta warga sekitar, yang sebelumnya diisi dengan penampilan Ibu-Ibu Majelis Taklim Raudhatul Jannah serta TPA Raudhatul Jannah. Dalam tausiahnya Ustad Maulana menekankan perlunya memakmurkan masjid dan juga fungsi-fungsi sosial ekonomi masjid. Sekaligus melakukan peletakan batu pertama untuk rencana perluasan dan pengembangan Masjid Raudhatul Jannah melalui program grand design Masjid Raudhatul Jannah bersama pejabat dari pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar.

  

 


Salam
Pengurus

Memperingati 1 Muharram 1440 H (11/09/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb 

Kegiatan peringatan malam tahun baru Islam 1440 H diperingati oleh jamaah mesjid Raudhatul Jannah komp. Griya Mulia Asri jl. Dg. Ramang, dihadiri oleh Lurah Pai, binmas, pengurus RT007/RW008 dan  warga kompleks Griya Mulia Asri yang diawali dengan peresembahan qasidah dari anak-anak TPA Raudhatul Jannah.

Lurah Pai dalam sambutnya mengapresiasi kegiatan ini sebagai kegiatan yang sangat penting bagi ummat Islam untuk bisa hijrah, yang dulu tidak sholat berjamaah di tahun ini menghidupkan sholat jamaah. Selain itu hati kita harus dihijrahkan yabg dulu "rantasa" sekarang lebih ikhlas  sehingga mewujud dalam.kehidupan.sehari-hari, termasuk kebersihan harus dimulai dari diri sendiri hijrah dari rantasa menjadi tidak rantasa.

Kemudian tausyiah peringatan malam.tahun baru Islam 1440 H disampaikan oleh Ustadz H. Sabaruddin Lc yang juga adalah salah seorang pembina Boarding School Athirah Baruga Makassar. Dalam tausyiahnya beliau menguraikan mengapa tahun Hijriah dipilih sebagai tahun bagi ummat Islam, hal terkait peristiwa hijriahnya Rasulullah Saw dari.Mekkah ke Medinah, selain itu beliau menguraikan makna masing-masing bulan dalam tahun Hijriah. ada 4 bulan yang diutamakan oleh Allah sebagaimana disebutkan dalam Al Quran, salah satunya adalah bulan Muharram, artinya bulan yang dimuliakan atau diutamakan. Pada bulan ini banyak peristiwa penting yang dialami oleh para Nabi,  keluarga dan sahabat-sahabatnya.  Seperti dibebaskannya Nabi Musa dan ummatnya dari kejaran Firaun dan peristiwa penting lainnya.

Terakhir beliau mengingatkan.bahwa kualitas dari.hijriah adalah bagaimana kita memperkuat hablumminannas atau ibadah sosial, karena untuk.mendukung ibadah mahdah kita kepada Allah SWT. Semua pelanggaran ibadah mahdah melalui ibadah induvidu harus dibayar dengan ibadah sosial seperti memberi makan kepada fakir miskin.

Acara ditutup dengan doa, dengan harapan kualitas hidup kita pada tahun 1440 H lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440H/2018'M.

  


Salam
Pengurus

Pelaksanaan Idul Kurban di Masjid Raudhatul Jannah 1439H (23/08/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Pada perayaan Idul Adha tahun 1439H/2018 ini, jumlah sapi yang dikurbankan warga Kompleks Griya Mulya Asri (GMA) sebanyak sebanyak 11 ekor sapi dari 77 warga yang berkurban tahun ini. Acara penyembelihan sapi dilakukan seusai pelaksanaan salat Ied di samping halaman Masjid Raudhatul Jannah, pada hari Rabu (22/8/2018) oleh  Ustadz A.Hadi Ibrahim Baso,SS,MA yang disaksikan oleh peserta Kurban dan Panitia Idul Kurban Masjid Raudhatul Jannah, dan pendistribusian daging kurban dilakukan mulai pukul 09:00-16:00 Wita oleh Panitia Kurban Masjid Raudhatul Jannah.

Ketua Pengurus Masjid Bapak Jumardi Lanta,  menjelaskan bahwa sebanyak 420 kg daging kurban dibagi ke warga kompleks, warga perkampungan sekitar Jalan Daeng Ramang,  keluarga warga yang berkurban, serta 4 panti asuhan yang ada di Kecamatan Biringkanaya.

 


Salam
Pengurus

PERINGATAN NUZULUL QURAN (02/06/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Pengurus Masjid Raudhatul Jannah mengadakan Peringatan Nuzulul Quran pada hari Jumat malam tanggal 16 Ramadhan 1439H / 01 Juni 2018 yang dihadiri oleh Pengurus RT 07.dan Jamaah dengan menghadirkan Bapak Ustad Drs. Haerussaleh, M.Ag (IMMIM) dengan Tema "Berpegang Teguh pada Al Quran sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia" . Acara ini dibuka oleh MC, Resky dan Sulis yang dilanjutkan dengan pembacaan Al Quran yang dibawakan secara bergantian oleh Remaja Masjid Raudhatul Jannah, Ahmad, Ayman dan Raihan.yang sebelumnya ditampilkan pembacaan Al Quran oleh anak-anak TPA Raudhatul Jannah yaitu : Yusuf, Zaky, Akhdan, Fauzan dan Zahran.  Dalam uraian Tausyahnya, beliau menyampaikan bahwa Matahari, bulan, bintang, pepohonan merupakan suatu alat petunjuk dari Allah sesuai dengan waktunya, misalnya Matahari memberikan petunjuk hanya siang hari atau bulan pada malam hari atau kurang lebih 12 jam saja (relatif), dan satu-satunya alat petunjuk yang bisa menyelamatkan Manusia di dunia dan akhirat adalah Al Qur'an, yang senantiasa di jaga keasliannya oleh Allah SWT ditengah banyak pihak yang ingin memalsukannya. Anak-anak Hafidz Quran secara syariat adalah penjaga keaslian Al Quran dan secara hakikatnya Malaikat yang menjaga  Al Quran.  Al Quran diturunkan bukan dalam bentuk tulisan  tapi dalam bentuk cahaya (Nur) sehingga bilamana manusia mempunyai masalah maka dianjurkan lebih banyak membaca Al Quran. Pada.kesimpulannya beliau menyampaikan 3 hal yakni, jangan pernah meragukan kebenaran Al Qur'an, Biasakan membaca Al Quran sebagai penyejuk hati dan , Ciptakan lingkungan yang qurani ditengah keberagaman. Demikian beberapa penggalan tausyah dari beliau.

   

   


Salam
Pengurus

Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1439H dan Hikmah Tausiah (15/04/2018)

Assalamu Alaikum Wr Wb , 

Peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW yang diadakan di Masjid Raudhatul Jannah pada hari kamis, 12 April 2018/25 Rajab 1439H diawali dengan pembacaan kalam Ilahi dengan moderator Ibu Elis Setiawati. Lalu dilanjutkan dengan Hikmah Isra' Mi'raj oleh Bapak Dr.H. Syahrir Nuhun, Lc.MTHI yang juga pengasuh Rubrik agama website Masjid Raudhatul Jannah. Pada kesempatan ini pula anak-anak TPA Raudhatul Jannah menampilkan beberapa lagu qasidah sebagai pembuka acara.

Dalam tausiahnya beliau mengingatkan akan arti hikmah yaitu memperoleh ilmu dengan mendengarkan atau membaca atau media lain, lalu bisa menggerakkan hati dan lebih lagi mampu mengapplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam paparan lain beliau juga menceritakan sejarah pengembangan Islam di Thaif dengan segala tantangan dan ujian berat yang dihadapi Rasulullah SAW yang mana pada saat itu hanya 1 orang saja yang bernama Addas memeluk agama Islam dalam perjalanan pulang menuju Makkah. Dan diriwayatkan pula bagaimana Rasulullah SAW mengalami masa-masa kecemasan dan kesedihan yang amat dalam memikirkan perkembangan Islam pada waktu itu dengan segala tekanan dari berbagai pihak dan  ada 2 keluarga yang sangat beliau cintai wafat yaitu Paman beliau Abdul Muthalib yang sangat menyayangi beliau  dan Istri tercinta Sitti Khadijah.

Dalam kondisi itu Allah memperjalankan Hambanya Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina, lalu ke Sidratul Muntaha dalam rangka menerima perintah Shalat Fardhu. (Q.S. Al Isra).

Dalam penjelasan lain disampaikan pula bahwa Shalat itu akan mengangkat segala kecemasan (potensi kejadian masa depan) dan kesedihan (kejadian yang telah berlalu) dalam mencapai ketenangan dan kedamaian dalam hidup. Demikian beberapa penggalan ceramah beliau yang kami dirangkum.  (sa)

  


Salam
Pengurus