HIKMAH KESEPULUH : KEPERCAYAAN (21/04/2018)

Kepercayaan adalah dasar dari setiap interaksi yang melibatkan dua orang. Hubungan pemimpin dengan rakyat, atasan dengan bawahan, orang tua dengan anak, suami dengan istri, begitu pula antar sahabat, semuanya membutuhkan saling kepercayaan. Ketika kepercayaan di antara keduanya sudah tidak ada, maka hubungan itu tidak akan pernah lagi harmonis. Tidak ada gunanya mempertahankan hubungan dengan siapapun yang tidak bisa memberikan kepercayaan kepadamu.

 

 

Ketika ingin bepergian meninggalkan rumah dan menitipkan suatu barang, kepada siapakah anda akan menitipkannya?

 

Kepada seseorang yang punya hubungan keluarga?

Kepada teman sekerja?

Kepada tetangga yang paling dekat rumahnya?

Atau kepada seseorang yang bisa dipercaya untuk menjaga titipannya, sekalipun tidak ada hubungan keluarga, bukan teman kerja dan bukan pula tetangga dekat?

 

Saya yakin bahwa barang berharga yang anda miliki hanya akan dititipkan kepada orang yang bisa dipercaya. Bukan hanya barang, tetapi amanah dalam bentuk yang lainnya seyogyanya hanya diserahkan kepada orang yang bisa menjaganya.

Allah swt. memerintahkan di dalam al-Qur’an:

 

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الأمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا

Terjemah:

Sesungguhnya Allah menyuruh kalian untuk menunaikan amanah kepada yang berhak menerimanya dan apabila kalian menetapkan hokum di antara manusia, hendaklah kalian menetapkannya dengan adil. Sungguh Allah Maha mendengar dan Maha melihat

(QS an-Nisa: 58)

 

Kepercayaan adalah sesuatu yang sangat berharga dalam kehidupan. Kepercayaan adalah dasar dari setiap interaksi yang melibatkan dua pihak atau lebih.

Hubungan antara pemimpin dengan rakyat, atasan dengan bawahan, orang tua dengan anak, suami dengan istri, begitu pula antar sahabat, semuanya membutuhkan kepercayaan. Apabila kedua orang atau kedua pihak saling mempercayai, maka hubungan keduanya akan berjalan dengan harmonis.

Kepercayaan adalah ikatan yang menguatkan hubungan di antara kedua pihak. Selama masih ada kepercayaan, maka masalah apapun yang dihadapi oleh kedua pihak, akan bisa diselesaikan. 

 Namun ketika kepercayaan di antara keduanya sudah tidak ada, maka hubungan itu tidak akan pernah lagi harmonis. Masalah sekecil apapun tidak akan bisa diselesaikan, karena diliputi oleh kecurigaan. Sebaliknya, masalah kecil akan semakin membesar.

Tidak ada gunanya mempertahankan hubungan apapun  dengan siapapun yang tidak bisa memberikan kepercayaan. Maka berikanlah kepercayaan kepada orang yang berinteraksi denganmu dan berusahalah untuk menjadi orang yang bisa dipercaya.

 

 

DR.H.Syahrir Nuhun, Lc, M.THi

 


Salam
Pengurus