Hikmah Ketujuh Belas : Mencintai Sesama (09/07/2018)

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

 

Puncak kenikmatan tidak akan dapat dirasakan kecuali oleh orang yang memiliki iman yang sempurna. Kesempurnaan iman tidak akan dapat diraih kecuali oleh orang yang memiliki kemampuan untuk mencintai sesamanya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. Kecintaan terhadap sesama akan mendorong seseorang untuk selalu berusaha maksimal agar seluruh pikiran, perasaan, ucapan dan tindakannya mampu memberikan kedamaian kepada orang lain.

 

            Bayangkanlah jika anda hidup seorang diri di dunia ini, apa yang akan anda rasakan?

Kesepian dan kesunyian.

 

Manusia, sejatinya adalah makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan keberadaan orang lain. Oleh karena itu, harmoni dengan sesama sangat dibutuhkan untuk kedamaian hidup.

Islam adalah agama keselamatan yang mengajarkan kedamaian hidup. Untuk mewujudkan kedamaian di antara sesama, maka Islam mengajarkan untuk saling mencintai. Hanya dengan cinta yang tulus kepada sesama, maka semua ucapan dan tindakan bahkan pikiran dan perasaan akan selalu diarahkan untuk menciptakan kedamaian dan mewujudkan keselamatan.

Nabi saw. telah menegaskan hal tesebut dalam hadis berikut:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا. أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ »

Artinya:

Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah saw bersabda: “Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman. Kalian belum beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah kalian saya tunjukkan sesuatu yang apabila kalian lakukan, maka kalian akan saling mencintai. Sebarkanlah salam di antara kalian.

(HR. Muslim)

 

            Dalam hadis di atas, Rasulullah saw mensyaratkan iman untuk masuk ke dalam surga. Setelah itu, Rasulullah saw. menegaskan bahwa kesempurnaan iman hanya bisa diraih dengan saling mencintai di antara sesama. Secara kongkrit, beliau menunjukkan perbuatan yang bisa menumbuhkan rasa cinta di antara sesama, yaitu dengan menyebarkan salam.

            Secara formal, menyebarkan salam adalah melalui ucapan salam, namun secara substansial menyebarkan salam adalah dengan menyebarkan kedamaian di antara sesama.

            Damaikanlah hatimu dan damaikanlah hati sesama karena surga adalah dar al-salam (tempat kedamaian) yang hanya bisa dimasuki oleh mereka yang hatinya dipenuhi dengan kedamaian dan rasa cinta kepada sesama. 

 

Dr. H. Syahrir Nuhun, Lc. M.THi


Salam
Pengurus