Hikmah Keempat Puluh Lima : Memperhatikan Ayat Allah dalam Perjalanan (11/07/2019)

oleh : Dr.H. Syahrir Nuhun, Lc,M.THI

Semakin sering seseorang melakukan perjalanan akan semakin banyak tempat yang didatangi. Semakin banyak tempat yang didatangi, semakin banyak tanda-tanda Allah yang bisa disaksikan mata dan didengar oleh telinga. Semakin banyak tanda-tanda Allah yang terlihat dan terdengar, akan semakin menumbuhkan kepekaan perasaan dan semakin mempertajam mata hati. Maka senantiasalah bergerak dengan dinamis dan jangan terpaku hanya pada satu tempat yang akan membuatmu menjadi statis.

 

 

Sudah berapa banyak tempat, daerah, kota dan negara yang anda datangi dan kunjungi?

Perbedaan apa yang anda rasakan antara sebelum dan setelah mengunjungi tempat tertentu?

 

Ketika anda merenungkan jawaban atas kedua pertanyaan di atas, saya yakin anda akan menyadari betapa pentingnya mengadakan perjalanan.

 

Semakin sering seseorang melakukan perjalanan, tentunya akan semakin banyak tempat yang didatangi. Dan semakin banyak tempat yang didatangi akan semakin banyak peristiwa, kejadian dan fenomena yang yang bisa disaksikan mata dan didengar oleh telinga.

Semua yang bisa disaksikan mata dan didengar oleh telinga adalah tanda-tanda (ayat) Allah. Allah swt berfirman:

 

سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الآفَاقِ وَفِي أَنْفُسِهِمْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقّ

Terjemah:

Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kebesaran Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri sampai jelaslah bagi mereka bahwa al-Qur’an itu adalah benar

(QS Fushshilat: 53)

 

Ayat adalah tanda; sesuatu yang menunjukkan kepada sesuatu yang lain. Ayat Allah adalah tanda yang menunjukkan keberadaan, kesempurnaan, kekuasaan, kebesaran dan kasih sayang Allah swt.

Ayat Allah swt. ada dua macam, yaitu ayat yang terucap (qauliyah) seperti al-Qur’an dan ayat yang tercipta (kauniyah), yaitu seluruh alam semesta.

Memperhatikan dan merenungkan ayat-ayat Allah swt. yang terhampar luas di alam semesta ini akan menumbuhkan kepekaan perasaan dan semakin mempertajam mata hati. Apa yang dilihat oleh mata dan didengar oleh telinga akan memberikan pengaruh bagi seseorang dalam cara berpikir dan cara merasa.


Salam
Pengurus