Hikmah Keempat Puluh Enam : Berada di tempat yang Tepat (17/07/2019)

Oleh : Dr.H. Syahrir Nuhun, Lc.M.THi

 

Jangan pernah berkecil hati apabila ditolak di suatu tempat karena bumi Allah sangatlah luas. Yakinlah bahwa Allah telah menyiapkan tempat yang lebih tepat bagimu asalkan engkau ikhlas dalam berbuat. Jangan pernah merasa kecewa, apabila engkau diremehkan oleh sekelompok orang. Yakinlah Allah telah menyiapkan lebih banyak orang yang akan memuliakanmu asalkan engkau mampu untuk bersabar ketika diperlakukan tidak adil. Carilahlah tempat yang tepat dan berkumpullah bersama dengan orang yang tepat yang telah Allah siapkan.

 

 

 

            Pernahkah anda mengalami penolakan di suatu tempat padahal anda merasa layak berada di tempat tersebut?

            Kalau pernah, bagaimana cara anda bereaksi?

            Kecewa, berkecil hati, Marah, dendam.

            Kalau seperti itu, berarti anda telah bereaksi dengan negatif.

 

Seharusnya tidak perlu berkecil hati apabila ditolak di suatu tempat karena bumi Allah sangatlah luas. Apabila ditolak di suatu tempat, maka akan ada tempat lain yang akan menerima. Tanamkanlah keyakinan di dalam hati bahwa Allah telah menyiapkan tempat yang lebih tepat asalkan ikhlas dalam berbuat.

Allah swt. berfirman:

 

إِنَّ الَّذِينَ تَوَفَّاهُمُ الْمَلائِكَةُ ظَالِمِي أَنْفُسِهِمْ قَالُوا فِيمَ كُنْتُمْ قَالُوا كُنَّا مُسْتَضْعَفِينَ فِي الأرْضِ قَالُوا أَلَمْ تَكُنْ أَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةً فَتُهَاجِرُوا فِيهَا فَأُولَئِكَ مَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ وَسَاءَتْ مَصِيرًا

 

Terjemah:

Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan oleh Allah dalam keadaan mendzalimi dirinya sendiri, mereka (para malaikat) bertanya: “Bagaimana kalian ini? Mereka menjawab, “Kami orang-orang yang tertindas di bumi (Mekah)” Mereka (para Malikat) bertanya: “Bukankah bumi Allah itu luas sehingga kalian dapat berhijrah di dalamnya? Maka orang-orang itu tempatnya di neraka Jahannam dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.

(QS an-Nisa: 97)

 

Di dalam ayat di atas, Allah swt mengecam dengan keras orang-orang yang membiarkan dirinya teraniaya di suatu tempat dan tidak mempunyai inisiatif untuk berhijrah. Belajarlah dari sirah Nabi saw. ketika beliau mendapatkan penolakan di Makkah, di Taif dan di beberapa tempat lainnya, pada akhirnya beliau hijrah ke Madinah dan mendapatkan penerimaan di sana.

Ketika anda mendaftar di satu institusi pendidikan, lalu anda ditolak. Jangan kecewa. Yakinlah masih banyak institusi lain yang akan menerima.

Ketika anda melamar pekerjaan di satu kantor, lalu anda ditolak, jangan kecewa. Di luar sana, masih banyak kantor-kantor lain yang akan menerima.

Ketika satu pintu tertutup untukmu, carilah pintu-pintu lain yang terbuka dan jangan berhenti, terpaku hanya pada satu pintu yang telah tertutup

Jangan pernah merasa kecewa, apabila diremehkan oleh sekelompok orang. Yakinlah Allah telah menyiapkan lebih banyak orang yang akan memuliakanmu asalkan engkau mampu untuk bersabar ketika diperlakukan tidak adil. Terkadang seseorang diremehkan karena kemampuannya belum diketahui

Carilah tempat yang tepat dan berkumpullah bersama dengan orang yang tepat yang telah Allah siapkan. Ingat bahwa bumi Allah sangatlah luas dan kesuksesan bisa didapatkan dari belahan bumi manapun.

 


Salam
Pengurus